Monday, June 13, 2011

Berjalan di Atas Balok

Yosua 1:7, “Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi.”


Seperti biasa, anak bungsu kami menyambut saya di depan pintu rumah. Dialah yang membukakan pintu pagar rumah dan membantu menutupnya kembali. Ketika saya keluar dari mobil, dia berkata, ”Pa, tadi di sekolah saya belajar berjalan di atas balok kayu”. ”Oh ya?” kata saya. ”Tapi susah pa. Saya jatuh terus”, lanjutnya menerangkan. ”Oke. Kalau begitu nanti kita coba belajar berjalan di atas balok ya”, kata saya kembali.

Malamnya, saat waktu belajar, kembali dia mengingatkan saya untuk mengajarinya berjalan di atas balok kayu. ”Ayo dong pa. Katanya mau mengajarkan jalan di atas balok kayu”, pintanya. Maka saya pun mencari balok kayu di gudang dan meletakkannya di lantai agar anak kami dapat mencoba berjalan di atas balok tersebut. Mula-mula dia sering jatuh, karena dia tidak dapat menjaga keseimbangan tubuhnya. Sekali dia oleng ke kanan, maka ia akan jatuh ke kanan dan bilamana dia oleng ke kiri, maka ia akan jatuh ke kiri. ”Fokus dek!”, kata saya. ”Kamu harus bisa menjaga tubuhmu agar tidak oleng ke kiri atau ke kanan”. Akhirnya setelah dia berkonsentrasi penuh, maka dia mampu untuk berjalan lurus, tanpa oleng ke kiri atau pun ke kanan. Dia bisa sampai di ujung balok itu tanpa terjatuh.

Saudaraku, perjalanan di atas balok itu dapat kita umpamakan sebagai perjalanan hidup kita. Dalam mencapai tujuan kita yakni rumah di Sorga, terkadang banyak godaan-godaan yang akan membuat kita oleng ke kanan atau oleng ke kiri. Godaan yang dapat mempengaruhi fokus kita kepada Tuhan. Godaan yang akan menyebabkan kita jatuh. Itulah sebabnya, kita harus fokus dan menjaga langkah kita agar jangan menyimpang ke kanan maupun ke kiri. Kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh dan bertindaklah hati-hati sesuai apa yang Tuhan telah diperintahkan. Dan janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi. Tuhan Yesus Memberkati.


Mari kita bagikan Roti Pagi ini kepada sahabat kita dengan menggunakan tombol "Tell A Friend" di bawah ini.