Monday, June 27, 2011

HATI YANG BERHIKMAT LEBIH BERHARGA DARI KEKAYAAN

Vesper 17 Juni 2011

Abad ke VI sebelum masehi, raja Salomo dikenal sebagai raja termasyur dan bijaksana. Bisah dibuktikan dalam catatan di Alkitab 1 Raja-raja pasal 10, dengan memiliki harta kekayaan yang sangat banyak dan hikmat yang dimiliki dari Sorga serta bijaksana dalam memimpin kerajaannya.Suatu ketika Ratu negeri Syeba yang saat itu berkuasa di daerah Arab Selatan, sekitar 1200 mill ke arah Selatan Yerusalem mendengar berita tersebutsb dan berketetapan di dalam hatinya ingin mengunjungi Raja Salomo dan menyaksikan sendiri bagaiman Raja Salomo memerintah kerajaannya. Sebenarnya Ratu Syeba juga memiliki banyak kekayaan: batu2 permata yg mahal harganya, lembu2 dan sapi ribuan jumlahnya, juga rempah2 dan kayu2 cendana. Ratu negeri Syeba memiliki segala-galanya baik harta, kecantikan, kemashuran dan kebesaran namanya. Ratu negeri Syeba merasa belum lengkap, ia merindukan Hikmat.

I Raja2 10 : 2. Ia datang ke Yerusalem dengan pasukan pengiring yang sangat besar, dengan unta-unta yang membawa rempah-rempah, sangat banyak emas dan batu permata yang mahal-mahal. Setelah ia sampai kepada Salomo, di ucapkan segala yang ada di dalam hatinya kepada raja Salomo.

Terdapat 7 (tujuh) langkah yang telah dilakukan oleh Ratu negeri Syeba untuk mendapatkan Hikmat :

1). Rindu mendengar Hikmat .

1 Raja-raja 10 : 1 > Ketika Ratu negeri Syeba mendengar kabar tentang Raja Salomo berhubung dengan nama Tuhan, maka datanglah ia hendak mengujinya dengan teka-teki.

2). Ia datang dengan Rela berkorban.
1 Raja 10 : 2 > Ia datang ke Yerusalem dengan pasukan pengiring yang sangat besar, dengan unta2 yang membawa rempah2, sangat banyak emas dan batu permata yang mahal2. Setelah ia sampai kepada Salomo, dikatakanlah segala yang ada di dalam hatinya kepadanya.

3)
. Belajar dari Orang yang Bijaksana.

1 Raja-raja 10 : 3 > Dan Salomo menjawab segala pertanyaan ratu itu; bagi raja tidak ada yang tersembunyi, yang tidak dapat di jawabnya untuk ratu itu.

4). Melihat Melebihi Apa yang Didengar

1 Raja-raja 10 : 4-5 > Ketika Ratu negeri Syeba melihat segala hikmat Salomo dan rumah yang telah di dirikannya, makanan dimejanya, cara duduk pegawai2nya, cara pelayan2nya melayani dan berpakaian, minumannya dan korban bakaran yang biasa di persembahkannya di rumah Tuhan, maka tercenganglah ratu itu.

5). Berbahagia karena Memperoleh Hikmat .

1 Raja-raja 10 : 8 > Berbahagialah para istrimu, berbahagialah para pegawaimu ini yang selalu melayani engkau dan menyaksikan hikmatmu .

6). Memuji Tuhan.

1 Raja-raja 10 : 9a > Terpujilah Tuhan, Allahmu, yang telah berkenan kepadamu sedemikian, hingga Ia mendudukan engkau diatas tahta kerajaan Israel.

Penerapan hidup bagi kita,Hubungan pribadi dengan Allah adalah langkah awal yang harus kita lakukan untuk memperoleh hikmat sejati. Kita dapat menerima Hikmat dengan menghampiri Allah dan memohon kepadaNya dengan Iman – Yakobus 1 : 5 > Tetapi apabilan dianatara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintanya kepada Allah, yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit , maka hal itu akan diberikannya kepadanya.

Kita perlu cerdas secara intelektual dan cerdas secara spiritual. Dengan mengambil waktu setiap hari untuk membaca firman Tuhan, kita dimampukan untuk memperoleh hikmat. Karena hanya Tuhan yang dapat memebrikan hikmat kepada kita – Amsal 2 : 10-12 > Karena Hikmat akan masuk dalam hatimu, dan pengetahuan akan menyenangkan jiwamu. Kebijaksanaan akan memelihara engkau, kepandaian akan menjaga engkau, supaya engkau terlepas dari jalan yang jahat, dari orang yang mengucapkan tipu muslihat. Demikian himbauan dari Ibu Lynda Karman dalam mengakhiri renungan Vesper. Amin


-mei-