Wednesday, June 08, 2011

Hari Kerja Keras dan Pencobaan

Acara malam Rabu permintaan doa, 1 Juni 2011, dimulai jam 19.30. Protokol oleh Saudara Didin. Perbaktian malam ini dimulai dengan mengundang Roh suci hadir melalui berdoa dalam hati masing-masing. Jemaat menyanyikan lagu sion nomor 250 “Ya Roh Suci yang Benar” sebagai lagu pembukaan dan di lanjutkan dengan doa. Lagu pujian dinyanyikan oleh Fidella Tambunan dengan diiringi musik oleh Felisya Tambunan. Malam permintaan doa adalah malam untuk kesaksian.

Kesaksian pertama diberikan oleh Pdt. Sonny Kapitan, gembala Jemaat Kemang Pratama, ‘Puji Syukur kepada Tuhan’, atas kasih dan kebaikkan-Nya saya sudah sehat. Pada hari sabat sore tanggal 28 Mei yang lalu sehabis baptisan, badan saya terasa panas, rupanya saya demam. Namun berkat pertolongan Tuhan kesehatan saya sekarang sudah pulih kembali. Kemudian kesaksian oleh bapak Solihin, ‘ Saya bersukacita ‘ karena jiwa-jiwa yang sudah mau dibaptiskan yaitu ibu Era dan bapak Padan Simanjuntak . Roh Tuhan sudah bekerja kepada mereka. Terima kasih kepada Tuhan. Dilanjutkan dengan kesaksian oleh seorang bapak yang baru dibaptis pada Sabat yang lalu yaitu bapak Padan Simanjuntak, ‘Terima Kasih kepada Tuhan‘, karena saya telah menuruti perintah Tuhan dan mengikuti panggilan Tuhan untuk dibaptiskan. Dimana pada pada hari jumat malam sehabis acara KKR yang merupakan malam panggilan untuk baptisan, saya bergumul dan berdoa, dan malam itu saya menerima bisikan dari Tuhan bahwa saya harus mengikuti Dia dan segala perintahNya agar dosa-dosa saya dapat diampuni. Dan berkat Tuhan dan berkat doa dari bapak Pendeta juga, isteri saya yang sakit pada hari minggu itu dapat pulih sehingga malam ini dapat hadir dalam acara kebaktian. Dan topik-topik doa lainnya yang akan dibawakan dalam doa kelompok yaitu, mendoakan Bapak Subayak, dimana dia sedang belajar Firman Tuhan dari bapak Z. Sijabat, dan pada hari sabat ini rindu untuk ber-Sabat bersama-sama. Kemudian mendoakan Lastri dari KPA Enkoppol, yang memiliki kerinduan untuk dibaptiskan serta mendoakan jiwa-jiwa yang baru dibaptiskan agar tetap setia, yaitu saudari Yuliana, ibu Sri Martini, ibu Hera dan bapak Padan Simanjuntak, juga mendoakan KPA-KPA yang sedang berjalan dan KPA yang akan dibentuk, agar dengan berkat Tuhan akan ada banyak jiwa yang akan menerima kebenaran, dan juga mendoakan keluarga Lianto Napitupulu sebagai Family of The Month untuk bulan Mei.

Renungan Firman Tuhan dibawakan oleh bapak David Tampubolon ketua jemaat kemang Pratama, yang diambil dari buku Alfa dan Omega Jilid 7 pasal 28 dengan judul “Hari Kerja Keras dan Pencobaan” yang mengisahkan bagaimana pekerjaan penginjilan Paulus di Efesus. Selama lebih dari tiga tahun kota Efesus menjadi pusat pekerjaan Paulus. Paulus mendapati banyak pencobaan ,tantangan dari orang orang yang merasa telah dirugikan olehnya. Pengaruh ajaran Paulus mengakibatkan banyak orang yang telah percaya di Efesus tidak mengikuti acara-acara pesta kebangsaan yang biasa diperingati dengan kemegahannya, juga mempengaruhi pendapatan beberapa pengusaha kuil-kuil Perak dimana omset penjualannya menurun, karena orang yang telah percaya kebenaran Tuhan tidak membeli dan menggunakannya lagi. Mereka sangat marah kepada Paulus dan berusaha untuk menyusahkan dia. Dan kabar tentang kemurtadan beberapa sidang menambah beban berat di hati Paulus. Paulus berusaha dengan doa yang sungguh-sungguh kepada Tuhan agar usahanya selama ini yang untuk kepentingan mereka terbukti tidak akan sia-sia. Paulus difitnah, dimaki dan dianiaya, Namun ditengah topan pertentangan yang terus-menerus dan teriakan dari musuh-musuh, ia kembali memandang ke Kalvari kepada yang sudah tersalib. Ia menyerahkan seluruh hidupnya untuk Kristus. Himbauan pada malam ini yaitu, kalau kita meng-imani Alkitab, dan percaya kepada FirmanNya, ditengah-tengah tantangan akan pergumulan dan pencobaan di dalam kehidupan kita, apakah kita mau menyerahkan Hidup kita untuk Kristus ?...

Untuk meng-aminkan Firman Tuhan, jemaat menutup ibadah dengan nyanyian penutup dan ditutup dengan doa oleh bapak David Tampubolon. Kiranya Menjadi Berkat.

-Mei-