Friday, June 10, 2011

Penguasaan Diri

Vesper, 3 Juni 2011

“ Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya. ” Amsal 25 : 28


Kebaktian Vesper di Gereja Advent Kemang Pratama di mulai jam 07.30. Dan untuk memulai acara jemaat berdoa di dalam hati masing-masing untuk mengundang kehadiran Roh Suci. Jemaat menyanyikan lagu pujian “Enam Hari sudah lalu “ yang dipimpin oleh bapak Erhart Tobing sebagai pembawa acara dan dilanjutkan dengan doa buka oleh bapak Jamesson Silitonga. Lagu pujian dibawakan oleh keluarga bapak Williy Wuisan yang berjudul “ Ya Allah Aku Mau “.

Firman Tuhan pada malam vesper ini dibawakan oleh Pdt. Sonny Kapitan gembala jemaat gereja Kemang Pratama yang berjudul “ Penguasaan Diri “, yang menekankan tentang bagaimana perlunya penguasaan diri dan dapatkah kita mengusai diri kita ?... Penguasaan diri yang disebut ‘en kratos dalam bahasa Yunaninya adalah berarti kekuatan atau kuasa yang dimiliki seseorang di dalam dirinya. Dan penguasaan diri ini perlu dan penting dimiliki umat Tuhan dalam menghadapi berbagai –bagai tantangan yang datang didalam segala aspek kehidupan kita sekarang ini. Banyak perkara yang ada di depan kita yang sangat memerlukan pengusaan diri dari keinginan daging. Seperti menahan diri dari perbuatan daging, menahan diri dari godaan duniawi, menahan diri atas maksud-maksud jahat dari orang lain, bahkan menahan diri atas fitnahan orang dan lain sebagainya. Kita mampu menguasai diri kita apabila kita mau mendekatkan diri kita kepada Allah, mau seperti Daniel, Yusuf bahkan belajar dari kehidupan Yesus sendiri , yang menjadi teladan dalam penguasaan diri. Segala tantangan yang pahit ataupun berat sekalipun akan menjadi mudah bila kita bersama dengan Yesus, karena ada jaminan berkat bersama dengan Dia. Terpenjara oleh suatu kondisi yang mengikat kita dengan ketidaknyamanan sering terjadi dalam kehidupan kita. Namun itu adalah merupakan ujian kepada kerohanian kita. Untuk dapat mengusai diri bukanlah atas kemampuan kita sendiri. Tetapi apabila kita memiliki iman, maka Yesus akan memampukan kita, Roh Kudus akan bekerja dan akan menjadi penolong kita, sehingga kita dapat menang untuk menjaga iman kita dengan penguasaan diri yang kita miliki. Pengusaan diri memilki khasiat yang cukup lama, yang dapat memberikan berkat bagi diri kita sendiri juga berkat kepada orang lain. Berbagai cobaan dan Kelemahan-kelemahan yang ada yang kita miliki janganlah menjadi penghalang kita untuk dapat menang dalam mendapatkan kehidupan kekal yang Allah telah sediakan untuk semua umatNya.

Amin

Untuk meng-aminkan firman Tuhan, Jemaat menyanyikan lagu penutup dan kebaktian vesper diakhiri dengan doa oleh Pdt. Sonny kapitan. Selesai kebaktian jemaat membentuk lingkaran di luar gereja dan menyanyikan lagu “ God is so good” dan mengucapkan yel-yel, Selamat Sabat 3X, Tuhan Memberkati, Halleluya, Amin. Sampai berjumpa pada hari sabat pagi…

-Mei-