Wednesday, February 22, 2012

“Beriman Dan Berilmu“

Kebaktian Sabat, 18 Februari 2012

Kebaktian khotbah dimulai dengan menyanyikan lagu-lagu pujian yang dipimpin oleh bapak Munas Tambunan dengan pianis yaitu Felicia dan teman-teman. Bacaan ayat bersahutan dibacakan oleh bapak David Tampubolon dan Jemaat, dilanjutkan dengan nyanyian pembukaan Lagu Sion nomor 32 “Kupuji Tuhan Yang Jadikan“ Doa syafaat disampaikan oleh bapak Mulana Simanjuntak. Selanjutnya Bacaan persembahan dibawakan oleh bapak Jamesson Silitonga dengan pemungutan persembahan oleh diakon dan ditutup dengan doa. Kemudian cerita anak-anak penghantar khotbah disampaikan oleh ibu Anie Simanjuntak. Setelah itu sebuah lagu pujian disampaikan oleh keluarga Pdt. Sonny Kapitan dengan judul “Cintakah Kau Pada Tuhan?."




"Beriman Dan Berilmu"

Pengkhotbah : Bapak Dharlen Simanjuntak

Allah Bersabda sabat ini melalui Firman Tuhan dengan ayat inti yang diambil dari I Tawarikh 4 : 10, dimana Firman Tuhan Sabat ini menekankan pentingnya umat umat Tuhan untuk lebih dahulu mengedepankan untuk memiliki iman yang teguh kepada Allah kemudian baru-lah ilmu pengetahuan. Karena bilamana Tuhan beserta dengan umat umat-Nya maka segala ilmu pengetahuan pun ditambahkan kepadanya. Banyaknya hal-hal yang bertentangan dengan iman dan kepercayaan seseorang terhadap ilmu pengetahuan dapatlah mempengaruhi iman ataupun kepercayaan yang telah dimiliki, karena kadangkala manusia lebih mudah untuk mempercayai teknologi dan ilmu pengetahuan dibandingkan untuk percaya kepada Allah. Dan pada zaman ini banyak kaum atheis dengan latar belakang orang – orang sukses dengan banyak pengikut yang sering membuat banyak orang goyah atas ilmu pengetahuan yang mereka temukan. Namun sebagai umat Tuhan haruslah memiliki iman dan kepercayaan yang sungguh kepada Allah yang disembah. Sebagai umat-umat Tuhan hendaklah kita mengingat kembali dalam pikiran kita yakni "Siapakah saya?." Allah menciptakan manusia penuh dengan kasih sehingga tentulah Allah akan memberkati umat umat-Nya dengan berkat yang berlimpah dan akan tetap melindunginya dari segala pergumulan atau pencobaan hidup yang penuh dengan tantangan. Kemajuan teknologi akan dapat menggoyahkan iman seseorang namun ilmu pengetahuan yang berasal dari Allah akan senantiasa membawa kepada keteguhan iman.

Selanjutnya sebuah lagu pujian dengan judul “All I Want To Know You“ dibawakan oleh anak-anak keluarga Simanjuntak.

Himbauan, marilah kita mencari Allah dengan terlebih dahulu, untuk dapat memiliki iman yang teguh agar segala ilmu pengetahuan tidak dapat menggoyahkan iman kita. Allah akan memberikan berkat yang berlimpah dan akan menyertai umat umat-Nya dalam pergumulan kehidupan.

Untuk menutup Firman Tuhan Jemaat menyanyikan lagu penutup Lagu Sion nomor 294 “Kusembah Juruslamat” dan dilanjutkan dengan doa penutup oleh bapak Dharlen Simanjuntak. Selanjutnya jemaat dan para tamu diundang untuk mengikuti potluck bersama-sama dan dilanjutkan dengan acara dari department Rumah Tangga yaitu “Baby Shower” di rumah keluarga bapak Donny Ham dan dilanjutkan dengan acara PA. Terima Kasih, Tuhan Memberkati Kita Sekalian, Amin.

-Mei-