Wednesday, February 08, 2012

Pemuas Dahaga

Vesper, 3 Februari 2012

“Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru ; Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum!”

(Yohannes 7 : 37)

Kebaktian Vesper di Gereja Advent Kemang Pratama di mulai jam 19.30.Wib. Dan untuk memulai acara jemaat berdoa di dalam hati masing-masing untuk mengundang kehadiran Roh Suci. Jemaat menyanyikan lagu pembukaan nomor 241 “Sabat Hari Perhentian” yang dipimpin oleh bapak Sontani Purnama sebagai pembawa acara dan dilanjutkan dengan doa. Lagu pujian dibawakan oleh keluarga besar Tobing yang berjudul “Dalam Naung-Nya.”

Firman Tuhan pada malam vesper ini dibawakan oleh Gembala Jemaat Pdt. Sonny Kapitan dengan judul “Pemuas Dahaga” yang menekankan pentingnya air bagi kelangsungan hidup manusia juga sebagai pemuas dahaga di dalam kehidupan. Sama seperti kisah di dalam Alkitab tentang wanita Samaria yang bertemu dengan Yesus di sumur Yakub. Yesus rindu memberikan air hidup kepada wanita Samaria itu dan Dia tahu kondisi serta keperluan dari wanita tersebut meskipun Yesus belum pernah berjumpa dan berbicara dengan wanita itu sebelumnya. Wanita itu sangat dahaga serta memerlukan air untuk kehidupan jasmani dan rohaninya dan Yesus pun memberikan apa yang diperlukan oleh wanita samaria tersebut. Air kehidupan sangatlah diperlukan untuk kekuatan jasmani serta iman kerohanian setiap umat-umat Allah. Allah tahu kondisi setiap orang serta keperluan dan kebutuhannya. Air yang dipergunakan sehari-hari yang berasal dari bumi sering menimbulkan dahaga yang tidak pernah akan dapat dipuaskan. Namun air sumber hidup yang berasal dari Allah akan dapat memuaskan dahaga bagi setiap orang yakni, “Baragsiapa yang percaya kepada-Ku, …Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup” ( Yohannes 7 : 38 ) dan air hidup tersebut adalah Roh yang akan diterima oleh setiap orang yang percaya. Himbauan, marilah kita menerima kuasa Roh Kudus, sehingga Roh Kudus akan senantiasa bersama-sama dengan kita untuk memuaskan dahaga kita bahkan setiap umat-umat Allah akan menjadi penyalur-penyalur kasih kepada setiap orang.

Untuk meng-aminkan Firman Tuhan, Jemaat menyanyikan lagu penutup kebaktian vesper dan diakhiri dengan doa oleh Pdt. Sonny Kapitan. Selesai kebaktian jemaat membentuk lingkaran di dalam gereja karena diluar cuaca hujan, dan menyanyikan lagu “God is so good” dan mengucapkan yel-yel, Selamat Sabat 3X, Tuhan Memberkati, Halleluya, Amin. Sampai berjumpa pada hari sabat pagi…

-Mei-