Wednesday, February 22, 2012

Minta Petunjuk Dokter

Mazmur 26:2, “Ujilah aku, ya Tuhan, dan cobalah aku; selidikilah batinku dan hatiku.”


“Pak, mohon ijin ambil cuti setengah hari untuk hari ini. Saya harus ke laboratorium untuk mengadakan ‘Medical Check Up’. Sudah hampir dua tahun, saya kembali memeriksakan kesehatan yang biasanya setiap tahun”, pesan singkat ini saya kirimkan kepada pimpinan saya melalui sms. Telah lama saya merencanakan hendak melakukan pemeriksaan kesehatan, entah mengapa selalu ada halangan sehingga tak terasa delapan bulan telah lewat dari jadwal pemeriksaan kesehatan tahunan.

Usai mengantar anak-anak ke sekolah, mobil yang saya tumpangi pun meluncur ke laboratorium Prodia yang terletak tidak jauh dari sekolahan anak-anak kami. Tak lama setelah menerima nomor antrian, tiba giliran saya untuk dilayani dengan menawarkan beberapa paket pemeriksaan yang tersedia. Saya pun mendapatkan penjelasan yang sejelas-jelasnya atas semua pertanyaan yang saya ajukan dan memilih satu dari antara penawaran yang tersedia. Saya perlu memeriksakan kesehatan karena saya pun tidak dapat memastikan apakah dengan pola hidup yang saya jalani selama ini sudah menjadikan saya memiliki tubuh yang sehat.

Kegiatan sehari-hari yang saya jalani, perasaan letih yang sering muncul, membuat saya perlu memeriksa bagian tubuh saya. Pernahkah kita merasa perlu untuk memeriksakan apakah kehidupan yang kita jalani selama ini telah memastikan kita untuk memiliki kesehatan rohani yang baik? Pernahkah kita merasa adanya perasaan-perasaan yang aneh, kurang nyaman atas kesehatan rohani kita sehingga kita merasa perlu untuk memeriksakan kesehatan kita? Mari kita datang ke hadapan Allah, mintalah Allah, Dokter yang Ajaib itu, melakukan pemeriksaan atas kesehatan rohani kita dan biarlah kita turut atas semua petunjuk-Nya demi mendapatkan kesehatan rohani yang prima setiap hari sama seperti kita turut atas semua petunjuk yang diberikan oleh dokter yang memeriksa kita guna mendapatkan kesehatan fisik yang prima. Kiranya menjadi berkat bagi Kita semua. Amin.

Mari Kita bagikan Roti Pagi ini kepada sahabat Kita dengan menggunakan tombol “Tell A Friend” dibawah ini: