Wednesday, February 15, 2012

Penyertaan Tuhan


Vesper, 10 Februari 2012

“ Karena Allah telah berfirman; “ Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan Engkau “

Ibrani 13 : 5b

Kebaktian Vesper di Gereja Advent Kemang Pratama di mulai jam 19.30.Wib. Dan untuk memulai acara jemaat berdoa di dalam hati masing-masing untuk mengundang kehadiran Roh Suci. Jemaat menyanyikan lagu pembukaan lagu sion nomor 281 “Kalau Serta Tuhan" yang dipimpin oleh ibu Sitimey Kapitan sebagai pembawa acara dan dilanjutkan dengan doa buka oleh gembala jemaat Pdt. Sonny Kapitan. Lagu pujian dengan iringan gitar berupa solo dibawakan oleh ibu Anie Simanjuntak.

Firman Tuhan pada malam vesper ini dibawakan oleh ibu Yunita Wuisan dimana renungan Firman Tuhan yang sampaikan kepada Umat-umat Tuhan yang hadir malam ini menekankan tentang bagaimana Allah dapat mengubah tragedi serta kesusahan yang terjadi didalam kehidupan seseorang menjadi suatu pelajaran penting bagaimana Allah selalu setia untuk menyertai setiap orang apabila dia selalu setia dan bergantung sepenuhnya kepada Tuhan. Tidaklah penting seberapa besar hal-hal yang terjadi untuk menunjukkan akan keberadaan Tuhan. Sebagaimana pengalaman yang dialami oleh bapak Willy Wuisan dan ibu Yunita Wuisan pada saat mengadakan perjalanan wisata ke sebuah Negara untuk berlibur. Dimana mereka begitu merasakan penyertaan Tuhan sepanjang perjalanan tersebut. Ada banyak kejadian - kejadian yang membuat kekhawatiran hati, namun ketika mereka berdoa dan berserah serta percaya kepada Tuhan, maka Tuhan-pun menjawab setiap doa mereka dengan berbagai cara. Salah satu tragedi yang terjadi adalah ketika dompet serta semua uang dan juga surat-surat penting seperti visa, paspor dsb yang hilang di ambil oleh orang di dalam kereta ketika menuju ke sebuah Negara yang mereka akan kunjungi, merekapun berdoa kepada Tuhan dan percaya serta berserah kepada Tuhan, sehingga pada akhirnya setelah mengalami usaha-usaha pencarian dengan pergumulan yang amat menggelisahkan, surat-surat serta dompet itupun kembali walaupun semua uangnya hilang. Himbauan, marilah kita sebagai manusia yang lemah dan penuh akan kekurangan lebih mengandalkan Yesus didalam kehidupan kita dengan senantiasa berdoa dan berserah serta percaya akan janji Tuhan bahwa dia akan senantiasa menyertai umat-umat-Nya, karena Yesus Tuhan kita pernah mengalami berbagai penderitaan yang lebih dari apa yang kita pernah alami.

Selanjutnya ibu Yunita mengajak semua jemaat untuk menyanyikan dua buah lagu tentang bagaimana penyertaan Tuhan dengan judul “Till The Storm Passes By” dan ”Because He Lives”..

Untuk meng-aminkan firman Tuhan, Jemaat menyanyikan lagu penutup dan kebaktian Vesper diakhiri dengan doa oleh ibu Yunita Wuisan. Selesai kebaktian jemaat membentuk lingkaran di dalam gereja dan menyanyikan lagu “God is so good” dan mengucapkan yel-yel, Selamat Sabat 3X, Tuhan Memberkati, Halleluya, Amin. Sampai berjumpa pada hari sabat pagi…

-Mei-