Saturday, February 18, 2012

Doa Percakapan

Tepat jam 8:30 bapak Jeff Eman memimpin Doa Percakapan di Jemaat Kemang Pratama. Doa Percakapan ini dilakukan sebelum acara Sekolah Sabat dengan menggunakan metode ACTS (Adoration – Penyembahan dan Pujian, Confessions – Pengakuan Dosa, Thanksgiving – Ucapan Syukur, dan Supplication – Permohonan. Setiap kelompok terdiri dari 2 – 3 orang dan setiap orang berdoa 1 – 2 kalimat saja secara bergantian selama sesi doa.

Dimulai dengan menyanyikan satu ayat lagu, pemandu Doa membacakan ayat Alkitab dan melayangkan doa Pujian. Setelah itu Doa Pujian dilanjutkan oleh jemaat di kelompoknya masing-masing. Doa pujian adalah doa untuk menyembah dan memuji Tuhan atas segala yang ada. Setelah itu, pemandu doa menyanyikan kembali satu ayat lagu untuk memberi tanda bahwa sesi doa pujian telah berakhir. Pada sesi Pengakuan Dosa dimulai dengan pembacaan satu ayat Alkitab lalu dilanjutkan dengan doa oleh pemandu, sebelum anggota berdoa dalam kelompoknya masin-masing. Pada doa ini, setiap orang berdoa untuk mengakui keterbatasan kita, ketidak-layakan kita, kekurangan kita, kesalahan dan dosa kita.

Satu lagu kembali dinyanyikan sebagai pertanda bahwa sesi Doa Pengakuan Dosa telah selesai. Di sesi Ucapan Syukur, setelah pemandu doa membacakan satu ayat Alkitab dan berdoa, maka jemaat melanjutkan doa secara bergantian di kelompok masing-masing. Pada Doa Ucapan Syukur ini berisi ucapan syukur kita karena Tuhan telah memberikan segala yang terbaik, melayakkan kita, dan telah menebus kita serta memberikan keselamatan.

Diakhir sesi, setelah pemandu doa menyanyikan lagu, membaca ayat dan berdoa, kembali jemaat berdoa secara bergantian di kelompoknya. Doa ini adalah doa permohonan agar Roh Kudus tercurah, agar kita berkesempatan memberitakan pekabaran kebenaran dan permohonan yang lainnya.

Doa Percakapan ini diakhir dengan menyanyikan lagu “Kepada Allah Bri Puji”.


-Aster Ungu -