Friday, March 23, 2012

Minggu Sembahyang Rumah Tangga

Kemang Pratama hari ke-5, Kamis 22 Maret 2012

Judul : Pemuridan Keluarga Kepada Kristus : Keluarga Untuk Keluarga

Acara Kebaktian minggu sembahyang Rumah tangga hari ke-5 diadakan di kediaman Kel. Mulana Simanjuntak. Tepat pukul 19.45 WIB acara di mulai, di pimpin oleh Bp. Dixon Simanjuntak. Lagu sion No. 186 – “Bersabdalah Ya Yesus” menjadi lagu pembukaan pada malam itu. Sebagai doa buka dilayangkan oleh Ibu Lience Manurung. Lagu special mengawali firman di bawakan oleh orang-orang muda yang di pimpin oleh Bp. Dixon Simanjuntak. Firman malam itu disampaikan oleh Ibu Imelda Peranginangin, dengan judul pembahasan : Pemuridan Keluarga kepada Kristus – Keluarga untuk Keluarga. Di awal pembahasan, Ibu Imelda menjelaskan pengertian pemuridan keluarga untuk keluarga, dimana disebutkan bahwa ini merupakan suatu proyek Ini yang memperkuat keluarga-keluarga Advent dengan melibatkan mereka dalam bersaksi bagi orang lain, hal ini menyoroti pentingnya doa syafaat, dan dimaksudkan untuk menjadi gaya hidup setiap keluarga Advent, untuk tujuan membuat keluarga sebagai pusat kegiatan penginjilan di gereja-gereja kita, dengan tujuan utama untuk memenuhi kebutuhan dari berbagai kelompok umur mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Dalam pekabaran malaikat yang pertama dan kedua, pekerjaan dilakukan dengan cara Pria dan wanita bergerak mencari Kitab Suci. Menunjukkan Kristus dalam keluarga, di dekat perapian, dan dalam pertemuan-pertemuan kecil di rumah-rumah pribadi, sering lebih berhasil dalam memenangkan jiwa-jiwa bagi Yesus daripada khotbah-khotbah yang disampaikan di tempat terbuka, pada kerumunan yang ramai, atau bahkan di gedung-gedung maupun di gereja-gereja." Evangelism, hal 437. "Di mana pun Saudara dapat memperoleh akses kepada orang-orang di dekat perapian, tingkatkan kesempatan Saudara. Ambillah Alkitab Saudara, dan bukakan di hadapan mereka kebenarannya yang agung. Keberhasilan Saudara tidak akan banyak bergantung pada pengetahuan dan prestasi Saudara, seperti pada kemampuan Saudara untuk menemukan cara Saudara kepada intinya." Evangelism, hal. 436 dan 437. "Ada pekerjaan yang harus dilakukan dalam barisan yang belum dilakukan. Biarkan para pekerja Allah mengajarkan kebenaran dalam keluarga-keluarga, menggambar dekat dengan orang-orang untuk siapa mereka bekerja. Jika saja mereka bekerja sama dengan Allah, Dia akan memakaikan kepada mereka kekuatan spiritual.

Untuk memulai sebuah pemuridan di dalam keluarga, memerlukan Persiapan. Persahabatan dan Intergrasi. Persiapan mencakup ; Doa syafaat, Kebaktian khusus, Khotbah khusus, Meditasi selama 30 menit, Memotivasi keluarga-keluarga untuk terlibat. Persahabatan mencakup ; Undangan makan, Mengunjungi keluarga-keluarga, Membagikan 4 brosur. Integrasi mencakup ; Pertemuan orang tua, Seminar-seminar kehidupan keluarga, Persiapan pra-nikah, Program-program remaja, Program Lajang, Program Wanita. Untuk tujuan ini mereka akan merencanakan kegiatan-kegiatan yang terarah dengan mempertimbangkan kelompok umur para anggota keluarga. Semua acara yang diadakan sepanjang tahun termasuk dalam kalender gereja

Hal yang perlu dilakukan oleh keluarga-keluarga adalah sbb :

  1. Semua keluarga di gereja berdoa untuk setidaknya satu keluarga
  2. Semua keluarga di gereja membuka diri kepada keluarga target dan mencari tahu apakah mereka memiliki permintaan doa khusus.
  3. Semua keluarga di gereja mengunjungi dan membagikan satu brosur per minggu
  4. Semua keluarga di gereja mengundang keluarga target untuk berbagi makanan di rumah mereka, dan juga menawarkan buku misionaris tahun bersangkutan dan mengundang mereka untuk menghadiri sebuah studi Minggu Natal istimewa dalam kelompok kecil
  5. Pada bulan-bulan yang tersisa tahun ini, departemen-departemen di gereja akan bekerja untuk memenuhi kebutuhan utama dari keluarga sedangkan keluarga-keluarga pengantara menawarkan studi-studi Alkitab
    Para pemimpin Departemen dan pemimpin kelompok kecil bertemu secara teratur untuk memenuhi kebutuhan keluarga-keluarga ini, untuk mengevaluasi proyek dan untuk melakukan perubahan yang diperlukan

Selanjutnya dilakukan diskusi singkat dengan topik : Apa pengaruh pemuridan keluarga untuk keluarga bagi keluarga itu sendiri dan bagi gereja. Kelompok dibagi menjadi 3 kelompok : kelompok Bapak2, Kelompok Ibu2 dan kelompok orang muda. Hasil diskusi semua kelompok menyatakan hal yang kurang lebih sama yaitu, bahwa segala sesuatu dimulai dari rumah, jika orang tua dapat memberikan pelajaran yang baik dalam hal ibadah dan hal2 kebenaran lainnya, maka anak2 akan mereflesikannya di dalam peribadatan di dalam gereja. Orangtua mempunyai peran yang sangat penting di dalam pemuridan keluarga, karena Allah memanggil para orang tua dalam setiap keluarga untuk menjadi pembimbing rohani anak-anak mereka. Allah menghendaki setiap keluarga di dalam jemaat terlibat di dalam pemuridan dalam keluarga dan juga di dalam jemaat. Demikian akhir dari pembahasan yang disampaikan oleh Ibu Imelda pada malam itu.

Beberapa pokok doa yang perlu di doakan dalam tiap-tiap kelompok doa ; 1. Ucapan syukur Kel. Mulana Simanjuntak atas dikabulkannya doa dan permohonan mereka selama ini atas jalan terbaik yang Tuhan sudah berikan untuk pekerjaan, 2. Ucapan syukur Kel. Dharlen Simanjuntak atas kesembuhan yang membaik daripada kesehatan Opung Simanjuntak, 3. Bp. Siregar, Lae dari Bp. Dharlen yang kurang sehat oleh karean menjaga opung Simanjuntak yang sedang sakit agar diberikan kesehatang yang lebih baik, 4. Anak-anak yang masih mengikuti ujian, 5. Anak2 yang bersekolah di sekolah non Advent agar tetap dapat berbakti pada hari Sabat, 6. Keluarga2 di jemaat Kemang Pratama , 7. Bp. Viertin yang kurang sehat, 8. Family of the Month – Kel. Rizal Maringka, 9. Virus Tomcat agar tidak menyerang keluarga2 di jemaat Kemang Pratama.

Acara kebaktian malam itu di tutup dengan menyanyikan lagu dari LS No. 182 – “Aku Masuk Dalam Taman”, dan diakhiri dengan doa tutup sekaligus doa ramah tamah dilayangkan oleh pemimpin acara Bp. Dixon Simanjuntak. Selanjutnya pengumuman acara kebaktian untuk esok hari, dan di susul kemudian dengan menikmati jamuan makan malam yang telah di siapkan oleh keluarga. Dept. Rumah Tangga mengucapkan banyak terima kasih kepada keluarga Mulana Simanjuntak atas kesediaan keluarga menjadikan kediaman tempat diadakannya minggu sembahyang Rumah Tangga pada malam ke-5, kiranya berkat Tuhan semakin berlimpah atas keluarga.

Biarlah keluarga kita masing2 dapat menjadi pusat kegiatan penginjilan di gereja kita, untuk memenuhi kebutuhan berbagai kelompok umur mulai dari anak2 sampai orang dewasa, dan agar Pemuridan di dalam keluarga menjadi gaya hidup setiap keluarga Advent dewasa ini. Tuhan kiranya melengkapi segala usaha tangan setiap orang tua yang terlibat di dalam Pemuridan di dalam keluarga masing-masing. Tuhan memberkati.

Mari kita datang kembali pada malam ini, malam terakhir minggu sembahyang Rumah Tangg, dengan thema pembahasan : Karunia Yang Allah Janjikan, yang akan dibawakan oleh Ibu Debby Simanjuntak, bertempat di gereja Kemang Pratama, pukul 19.30 WIB. Samapai bertemu nanti malam. Salam.

-Lynda Karman-

Dept. Rumah Tangga