Sunday, March 25, 2012

GENGGAMLAH TANGAN KU TUHAN

Kebaktian Khotbah, Sabat 24 Maret 2012

Sabat pada ini merupakan Sabat Perjamuan Suci di Gereja Advent Kemang Pratama dan sekaligus mengakhiri minggu sembahyang Rumah Tangga yang sudah berjalan selama tujuh hari. Pada perbaktian jam khotbah dimulai dengan menyanyikan lagu-lagu pujian yang dipimpin oleh bapak Jamesson Silitonga dan diiringi pianis Felicia Tambunan. Selanjutnya bacaan Alkitab bersahutan dipimpin oleh bapak Munas Tambunan dan dilanjutkan dengan nyanyian pembukaan khotbah. Doa syafaat dipimpin oleh bapak Willy Wuisan. Bacaan persembahan dibawakan oleh bapak Mulana Simanjuntak dan dilanjutkan dengan respon jemaat melalui pemberian persembahan oleh diakon. Cerita anak-anak penghantar khotbah dibawakan oleh ibu Sitimei Kapitan yang berjudul “Bayi Musa” dan anak-anak diundang untuk datang duduk didepan mendengarkan cerita yang menarik yang mengajak anak-anak menjadi anak yang penurut seperti yang tertulis dari Alkitab, Efesus 6 : 1. Selanjutnya ‘Orang Muda ’ menyanyikan lagu istimewa untuk menyambut khotbah.

Judul : GENGGAMLAH TANGAN KU TUHAN

Pengkhotbah Gembala Jemaat : Pdt. Sonny Kapitan

Materi Firman Tuhan pada sabat ini bersumber dari Departemen Rumah Tangga sedunia yang mengambil ayat inti dari Kitab Wahyu 1 : 3 yang berbunyi, “Berbahagialah ia yang membacakan dan mereka yang mendengarkan kata-kata nubuat ini, dan yang menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya, sebab waktunya sudah dekat.” Dimana firman Tuhan sabat ini menekankan pada pengasuhan anak. Setiap Orang Tua memiliki hak istimewa menjadi yang pertama membuat anak menjadi murid. Sebuah kisah Alkitab mengenai Musa. Harun & Hur membantu Musa mengangkat tangannya ke atas ketika ia mulai lelah mengangkat tangannya ke atas. Mengangkat tangannya ke atas bukanlah trik sihir yang Musa lakukan untuk membantu Yosua memimpin bangsa Israel melawan orang Amalek. Ini merupakan hubungan dengan yang Maha Kuasa. Allah ingin umatNya mengetahui bahwa dengan pertolonganNya setiap umat dapat memenangkan setiap pertempuran yang dihadapinya. TUHAN ingin umat-umatNya mengetahui dan perlu membantu satu sama lain, saling mendukung satu sama lain, percaya pada TUHAN, namun kadang-kadang umat-umat Tuhan juga memerlukan seseorang membantu untuk melalui tantangan2 yang datang setiap hari termasuk tantangan dalam rumah tangga dan dalam hal mendidik anak-anak.

Para Orang Tua memiliki kesempatan mengajar anak2 melalui tindakan sederhana untuk menjangkau tangan Allah. Hal yang dapat dilakukan dalam mendidik dan mengasuh anak yakni melalui : Doa, Studi Alkitab, Membicarakan & Menjalani Iman. Penelitian yang pernah dilakukan & studi asal usul nilai di kalangan orang muda Advent(Gilespie, V.B. Donahue, MJ Boyatt, E Gane. 2004 hal 255-273): Menunjukan empat praktek keluarga sangat penting : Membicarakan tentang iman pada Ayah & Ibu mereka, kemuadian memiliki Ibadah atau Doa keluarga, melakukan proyek2 keluarga untuk menolong orang lain, dan mendukung & setia pada GerejaNya. Himbauan, (Step to Christ. Hlm 328) “Menjangkaulah ke atas lebih tinggi dan lebih tinggi lagi tetaplah berpegang pada garis iman satu demi satu.” Hlm 63 “Menjangkaulah ke atas dan genggam tanganNya yang memberi sentuhan & mengisimu dengan hal2 yang manis dari karakter yang tak tertandingi.”Hlm 53. “Salib menceritakan kehidupan dan bukan kematian. Bagi jiwa yang percaya pada Kristus. Sambutlah kehidupan yang berharga itu yang memberi cahaya yang memancar dari Salib.”

Untuk meng-aminkan Firman Tuhan yang baru disampaikan jemaat menyanyikan lagu penutup dan diakhiri dengan doa berkat oleh Pdt. Sonny Kapitan. Selesai acara perbaktian, jemaat dan para tamu yang hadir diundang untuk potlak bersama dan mengikuti acara PA yang akan diadakan pukul 16.30 wib. Terima Kasih, Tuhan Memberkati.

-Mei-