Thursday, April 12, 2012

Acara Kebaktian Pelepasan Jenazah & Pemakaman

Acara Kebaktian Pelepasan Jenazah dan Pemakaman

Bp. Errie Erman Soedarmadi – 27 Maret 2012

Pagi yang cukup cerah, pada tanggal 27 Maret 2012, bertempat di gereja GMAHK Kemang Pratama, telah diadakah kebaktian pelepasan jenazah Bapak Errie Erman Soedarmadi. Acara di mulai pukul 09.30 WIB, sebagai pemimpin acara adalah Bp. Mulana Simanjuntak. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu dari LS no. 123 – “Adakah Yesus Lindung Aku”, dan doa buka dilayangkan oleh Pdt. Harly Napitupulu – Gembala Jemaat Jakasampurna, yang merupakan ketua wilayah IV, dimana gereja Kemang Pratama juga termasuk dalam wilayah ini. Lagu istimewa mengawali renungan pelepasan jenasah di bawakan oleh seluruh Pdt & Staff Konferens DKI Jakarta. Dilanjutkan dengan pembacaan riwayat singkat Alm. Bp. Errie oleh menantu beliau, yang juga sebagai salah satu gembala yang melayani di jemaat MT Haryono 1, yaitu Pdtm. Julius Sihotang.

Renungan penghiburan disampaikan oleh Ketua Konferens DKI, Pdt. W. Limbong. Doa pelepasan jenasah dilayangkan oleh Pdt. RY Hutauruk. Dan sebagai lagu penutup acara kebaktian pelepasan di gereja, diambil dari LS No. 122 – “Satu Masa yang Tertentu”. Doa tutup dilayangkan oleh Gembala Jemaat Kemang Pratama, Pdt. Sonny Kapitan.

Kata-kata penghiburan kepada keluarga yang berduka disampaikan oleh beberapa pihak, masing2 mewakili ; gereja Kemang Pratama, MT Haryono 1, dan Konferens DKI. Gereja Kamang Pratama diwakili oleh Bp. Willy Wuisan, gereja MT Haryono 1 diwakili oleh Pdt. Lingga, dan kantor konferens DKI diwakili oleh Direktur Kependetaan Konferens DKI, Bp. RY. Hutauruk. Demikian juga ucapan berduka cita datang dari beberapa karyawan yang turut hadir yaitu teman sekerja dari Ibu Dofa Sihotang, anak pertama dari alm.Bp Errie yang diwakilkan oleh salah seorang stafnya.

Seusai pemberian kata-kata penghiburan, pemimpin acara memandu jalannya penghormatan terakhir dan penutupan peti jenasah. Dan, selanjutnya keluarga dan jemaat yang berkabung menuju tempat peristirahatan terakhir, yaitu TPU Pondok Rangon, Cibubur.

Rombongan jenasah dan jemaat yang berkabung tiba di TPU Pondok Rangon pukul 11.00 WIB. Acara kebaktian pemakaman di TPU Pondok Rangon pimpin oleh Bp. Karman AK. Sebagai lagu pembukaan diambil dari LS No. 147 – “Muka dengan Muka Nanti”, dan doa buka dilayangkan oleh Pdt. HM Siagian. Renungan singkat mendahului pemakaman di sampaikan oleh Pdt. Sonny Kapitan, yang dilanjutkan dengan doa penyerahan sambil menurunkan peti jenazah kedalam kubur dan menutupnya dengan tanah, yaitu debu kembali kepada debu, tanah kembali kepada tanah. Dilanjutkan dengan penyiraman minyak dan taburan bunga. Setelah pekerja makam menyelesaikan penimbunan tanah, ditaburkanlah bunga dan menancapkan palang nisan yang menandakan penguburan jenazah telah selesai.

Untuk menutup acara kebaktian pemakaman, jemaat menyanyikan LS No. 229 – “Dalam Negeri Yang Terang”, doa tutup dilayangkan oleh Pdt Lingga, Gembala Jemaat MT Haryono 1. Ucapan dukacita terakhir mewakili jemaat Kemang Pratama, yaitu Bp.Dharlen Simanjuntak. Pihak keluarga yang berduka menyampaikan respon berupa ungkapan terima kasih atas perhatian, dukungan, dan semangat yang telah diberikan seluruh anggota jemaat baik Kemang Pratama, MT Haryono 1, maupun kantor Konferens kepada seluruh anggota keluarga yang berduka, semoga Tuhan Allah akan membalaskan segala kebaikan yang telah diberikan, demikian kata sambutan yang disampaikan keluarga, yang diwakili oleh Pdt.Julius Sihotang. Kata sambutan terakhir telah hadir pula dalam acara pemakaman mewakili warga lingkungan kompleks pemda dimana Keluarga almarhum tinggal yaitu ketua RT yang juga turut menyampaikan ucapan belasungkawa untuk keluarga yang ditinggal. Setelah itu ditutup pula dengan doa oleh Pdt. Antony.

Acara pemakaman berakhir pukul 13.00 WIB, jemaat berkabung bersalaman dengan keluarga yang berduka sambil meninggalkan TPU Pondok Rangon dan kembali ke rumah masing-masing.

Selamat jalan Bapak Errie Erman Soedarmadi, sampai bertemu kembali di tepi laut kaca, pada kedatanganNya yang kedua kali. Maranatha!

Lynda Karman

Dept. Rumah Tangga