Friday, April 27, 2012

Bersiap Sejak Dini



Efesus 6:16, “Dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat.”

Aku anak bungsu dari keturunan ayah dan ibuku. Tanpa terasa aku kini akan segera menyelesaikan pendidikanku di tingkat Sekolah Dasar. Seperti kebiasaan banyak orang yang sedang duduk di kelas terakhir setiap tingkatan baik tingkat dasar, menengah maupun umum, setiap siswa sibuk mempersiapkan diri dengan mengikuti berbagai kegiatan baik ekstra bimbingan di sekolah maupun di lembaga bimbingan pendidikan dengan satu harapan mendapatkan kelulusan atas ujian akhir nasional yang diikuti.

Aku pun kini termasuk di antara sekian banyak siswa yang sedang berjuang dan mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian yang hendak berlangsung. Berbagai kegiatan bimbingan saya ikuti di beberapa tempat bahkan pulang ke rumah hingga petang hari hampir setiap harinya. Satu minggu yang lalu, Papa saya bertanya, “Kapan kamu ujian akhir nasional dari pemerintah nak?” “Dua minggu lagi aku ujiannya, Papi”, jawabku kepada ayahku. “Kalau Papi boleh usul, sebaiknya kamu pelajari dan ulang semua pelajaran yang kamu akan ikuti dari sejak sekarang. Jadi satu minggu sebelum ujian berlangsung kamu udah santai dan gak perlu heboh baru mau belajar, itu lebih bermanfaat disamping jiwa kamu merasa lebih tenang dan siap untuk menghadapi ujian”, demikian ayahku memberi masukan untuk cara belajar dan kesiapanku dalam menghadapi ujian.

“Bener juga yah”, pikirku dalam hati. “Kalau aku mengulang pelajaran dari sekarang, bawaannya lebih tenang, jadi pikiran lebih cepet nangkep karna gak diburu-buru perasaan stress”, pikirku lebih lanjut. Aku pun berusaha untuk mengikuti saran dari orangtuaku. Perjalanan hidup kita perlu disikapi dengna persiapan lebih dini, baik secara jasmani teristimewa secara rohani. Kita harus mempersiapkan diri untuk hal-hal rohani dan bermanfaat dari sejak sekarang ini, sehingga kita didapati selalu sedia untuk kedatangan-Nya dengan memastikan kita mengisi tabung iman kita dengan penuh setiap hari. Bersiap diri untuk perbuatan kebajikan sebagai buah dari iman dan memelihara iman tetap terjaga sejak dini, akan mempersiapkan kita untuk kerajaan surga kelak. Marilah kita mengisi tabung iman kita agar penuh setiap hari dan bersiap sejak dini.


Mari Kita bagikan Roti Pagi ini kepada sahabat Kita dengan menggunakan tombol “Tell A Friend” dibawah ini :