Wednesday, April 25, 2012

JADILAH GARAM DUNIA

Pelayanan Perorangan

Dorongan Pelayanan Perorangan (PP) pada hari Sabat, 21 April 2012 dibawakan oleh ibu Imelda Peranginangin, anggota Bakti Wanita Advent (BWA), Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Jemaat Kemang Pratama Bekasi. Pada hari Sabat ini terasa istimewa, karena yang melayani adalah para ibu dengan menggunakan pakaian kebaya sehubungan dengan hari Kartini yang diperingati tanggal 21 April pada setiap tahunnya. Kaum pria menggunakan pakaian batik.

Ibu Imelda Peranginangin mengawali dorongan PP dengan mengutip ayat dari buku Matius 5:13 yang berkata “Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang. Ibu Imelda memberikan ilustrasi singkat, bagaimana garam bermanfaat dalam kehidupan kita, diantaranya:

1. Makanan-Garam berfungsi sebagai pelezat makanan.

2. Bunga Potong-Garam berfungsi sebagai pengawet/penyegar pada bunga potong yang di taruh dalam pot yang berisi air

3. Berkemah-Garam berfungsi sebagai pelindung dari ulat, linta, ular di saat berkemah

Garam mempunyai banyak manfaat dan dengan adanya garam membuat sekitarnya menjadi terasa baik. Kita sebagai orang Kristen perlu berbeda, kehadiran kita perlu menunjukkan perbedaan pada sekitar kita, diantaranya melalui perbaktian dalam rumah tangga. Ini merupakan awal dari penginjilan. Sebelum kita keluar rumah, kita perlu mengadakan perbaktian dalam rumah tangga kita, sehingga bilamana kita keluar kita bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama manusia, seperti garam yang bermanfaat bagi sekitarnya, biarlah kita juga boleh bermanfaat bagi sesama manusia dan kemulian bagi nama Tuhan.

”Marilah kita menjadi garam dunia, menghidupkan perbaktian dalam rumah tangga dan bermanfaat bagi sesama manusia.” Demikian ibu Imelda Peranginangin mengakhiri dorongan Pelayanan Perorangan pada Sabat ini. Semoga menjadi berkat bagi Kita semua. Amin.

-JS-