Thursday, April 26, 2012

Berita Kedatangan Kristus


Kebaktian Rabu Malam
GMAHK Kemang Pratama
25 April 2012
"Berita Kedatangan Kristus" 
 
Malam pertengahan minggu merupakan malam permintaan doa yang dimulai tepat pukul 07.30. Acara dimulai dengan mengundang hadirat Tuhan dengan mengundang Roh Kudus hadir melalui berdoa di dalam hati masing-masing yang dipimpin oleh bapak Sontani Purnama. Selanjutnya jemaat menyanyiikan lagu pembukaan nomor 156 “Boleh Jadi Pada Waktu Pagi hari” dan dilanjutkan dengan doa pembukaan.
Kesaksian pada malam pertengahan minggu ini diawali dengan kesaksian oleh bapak Mulana Simanjuntak yakni ketika saya berkunjung ke Negara Belanda di jemaat Housen Belanda bertemu dengan bapak Manalief. Dimana gereja–gereja mulai berkurang, namun gereja Advent memiliki suasana keakraban yang sangat hangat, erat dan penuh dengan keaktifan serta persatuan. Dan topik-topik doa yaitu permohonan yang sedang sakit yaitu ibu Ani Simanjuntak, Stefanus Purnama, opung manurung, Farrel Arsyad, dan Aretha cucu dari ibu Manurung. Selanjutnya jemaat juga mendoakan KPA-KPA Kemang Pratama dan para simpatisan antara lain bapak Juju dan istrinya yang merupakan seorang pemilik pencucian mobil yang sedang membaca dan juga mendoakan Dokter Jefry Silaen dan Isrinya yang sedang belajar pendalaman Alkitab , mendoakan FOM untuk bulan Maret keluarga bapak Reza Erahasa, mendoakan anak-anak yang sedang menjalani ujian, dan hal-hal lainnya yang dapat ditambahkan dalam kelompok doa masing-masing. Selanjutnya jemaat berdoa bertelut secara berkelompok dua tiga orang. Lagu pujian dibawakan oleh orang-orang Muda yang berjudul “Kerjalah-Kerjalah.”
Firman Tuhan pada malam permintaan doa dibawakan oleh bapak Mulana Simanjuntak yang berjudul “Berita Kedatangan Kristus” Yang diambil dari buku Kemenangan Akhir pasal 17 yang memberikan suatu pelajaran penting akan suasana pelayanan dimana telah dan akan terjadi pengulangan yang terdapat dalan Lukas 20:4, dimana pada waktu Yesus datang pertama kali banyak orang-orang sombong, mementingkan diri dan agama formalitas dan lain sebagainya, sehingga ketika Yesus datang tidak ada yang tahu hanya gembala serta orang-orang Majus yang merupakan orang kafir. Semua ilmu pengetahuan pada waktu itu tidaklah membawa persiapan akan kedatangan Yesus yang kedua kali. Dalam kehidupan umat-umat Tuhan sekarang akan terulang kembali menjelang kedatangan Yesus yang kedua kali. Suatu pertanyaan, apakah sikap kita dalam menantikan kedatangan yang kedua kali ?... Banyak tanda-tanda yang telah diberikan kepada umat-umat Allah dan juga manusia lainnya, baik melalui alam, perkembangan ilmu pengetahuan dan kemerosotan moral manusia, bahkan di dalam kehidupan umat-umat Allah di dalam Jemaat Allah menjelang kedatangan Yesus yang kedua kali. Namun Doktrin mengenai kedatangan kedua kali telah dikaburkan, diremehkan, oleh karena Roh kerendahan hati telah digantikan dengan kesombongan rohani, kasih menjadi dingin, kepelesiran, agama formalism dan keduniawian. Dan banyak ayat-ayat Alkitab yang memberikan peringatan akan kejadian sebelum kedatangan Yesus yang kedua kali. Akankah kita mengulangi sejarah yang pernah terjadi, sehingga kita melupakan kedatangan Yesus yang keduakali ?... Himbauan, Umat-umat Allah hendaklah merasa lapar akan kedatangan Yesus sehingga setiap umat dapat bersiap untuk menunggu kedatangan Yesus yang kedua kali.
Firman Tuhan ditutup dengan menyanyikan lagu Sion nomor 219 dengan judul “Angkat Nafiri” sebagai lagu penutup dan diakhiri dengan doa oleh bapak Mulana Simanjuntak. Kiranya menjadi berkat. Amin.
-Mei-