Thursday, April 05, 2012

Kesetiaan

Kebaktian Khotbah, Sabat 31 Maret 2012

Sabat ini merupakan sabat terakhir dalam triwulan pertama tahun 2012 yang merupakan juga Sabat ke-13. Perbaktian pada jam khotbah dimulai dengan menyanyikan lagu-lagu pujian yang dipimpin oleh ibu Annie Simanjuntak dengan diiringi pianis Stella Simanjuntak dan teman-teman. Selanjutnya bacaan Alkitab bersahutan dipimpin oleh bapak Munas Tambunan dan dilanjutkan dengan nyanyian pembukaan khotbah. Doa syafaat dipimpin oleh gembala Jemaat Pendeta Sonny Kapitan. Bacaan persembahan dibawakan oleh bapak Willy Wuisan dan dilanjutkan dengan respon jemaat melalui pemberian persembahan oleh diakon. Selanjutnya cerita anak anak penghantar khotbah disampaikan oleh Dave Purnama dengan judul “Daniel di Lubang Singa“ dan semua anak-anak diundang maju ke depan untuk mendengarkan cerita yang menarik.

Judul Khotbah : KESETIAAN

Pengkhotbah, Sekretaris Jemaat : Bapak Sontani Purnama

Firman Tuhan pada sabat ini adalah merupakan Firman Tuhan yang menekankan tentang pentingnya kesetiaan. Kesetiaan adalah perlu dimiliki oleh setiap anggota gereja meskipun ada banyak pergumulan dan persoalan kehidupan. Kesetiaan adalah cukup langka, banyak orang baik yang dapat kita temui namun mencari orang yang setia adalah jarang dan sangatlah langka. Setia adalah kata sifat sedangkan kesetiaan adalah adalah kata benda oleh sebab itu kesetiaan dapatlah hilang sama seperti benda yang dapat hilang. Setia artinya taat, patuh, komitmen ataupun berpegang teguh, sedangkan kesetiaan adalah dapat artikan sebagai selalu memiliki keteguhan hati. Keluhan serta kritikan yang keluar melalui kata-kata dan tindakan haruslah dibuang dari umat-umat yang memiliki kesetiaan dan digantikan dengan memiliki tujuan yang bulat penuh dengan tindakan yang penuh dengan komitmen serta loyalitas yang tinggi dalam arti memiliki kesetiaan. Memiliki karakter setia haruslah menjadi diri setiap umat-umat Tuhan.

Ada banyak alasan mengapa kesetiaan dapat hilang dalam mengikuti perbaktian ataupun persekutuan, antara lain kebosanan, kekecewaan, balas dendam, tidak menghargai, hilangnya komunikasi, takut, lingkungan, iming-iming dan banyak hal lainnya yang dapat menimbulkan ketidakpuasan yang menimbulkan keinginan mencari yang baru yang diinginkan. Hal-hal tersebut dapatlah membuat umat-umat Tuhan semakin jauh dari persekutuan dan perbaktian. Namun Allah menginginkan umat-umat-Nya untuk tetap memiliki kasih setia kepada Tuhan karena Allah sangat mengasihi dan setia kepada umat-umat-Nya. Banyak contoh Alkitab yang mengingatkan umat-umat Tuhan untuk setia, seperti Daniel yang selalu setia walaupun dalam penderitaan, bahkan contoh kehidupan Yesus sendiri yang adalah setia. Himbauan, hendaklah sifat setia dan kesetiaan tetap ada untuk dimiliki dan tidak hilang dari kehidupan setiap anak-anak Allah, melalui pertolongan Roh Kudus maka setiap umat akan disanggupkan untuk menjadi umat-umat Tuhan yang setia dan dengan penuh kesetiaan baik dalam keterlibatan dalam setiap perbaktian dan banyak hal lainnya yang dapat menambah kekuatan iman..

Untuk meng-aminkan Firman Tuhan yang baru disampaikan jemaat menyanyikan lagu penutup dan dilanjutkan dengan doa berkat oleh Gembala Jemaat Pdt. Sonny Kapitan. Selesai acara perbaktian, jemaat dan para tamu yang hadir diundang untuk potlak bersama dan mengikuti latihan koor, kelas kemajuan dan dilanjutkan dengan acara PA yang akan diadakan pukul 16.30 wib. Terima Kasih, Tuhan Memberkati.

-Mei-