Monday, April 23, 2012

Sabat Tamu Triwulan II Tahun 2012


Doa Percakapan dengan metode ACTS
Acara Kebaktian Sekolah Sabat pada Sabat ini, tanggal 21 April 2012 terasa berbeda dengan biasanya. Departemen Sekolah Sabat telah merencanakan, bahwa pada hari Sabat ini adalah Sabat Tamu Triwulan II, dan semua acaranya dibawakan oleh para wanita. Hal ini berkaitan dengan hari emansipasi wanita Indonesia yang dirayakan pada setiap tanggal 21 April. Semua wanita yang hadir memakai kebaya. 
Penampilan Perdana Kelompok Angklung



Seperti biasanya, ke- baktian Sekolah Sabat dimulai tepat jam 8:30 dengan doa per- cakapan. Ibu Sitimei Kapitan memimpin doa per- cakapan yang terangkai dalam metode ACTS (Adoration – penyembahan dan pujian, Confessions – pengakuan dosa, Thanksgiving – ucapan syukur, dan Supplication – permohonan). Pada setiap sesi dalam rangkaian doa ini, sebelum berdoa, pemimpin doa mengawali menyanyikan satu ayat lagu, membaca sebuah kutipan ayat Alkitab. Setelah itu, setiap kelompok yang terdiri dari 2 – 3 orang berdoa 1 – 2 kalimat saja secara bergantian dalam satu sesi doa. Dalam menyanyikan lagu, pemimpin doa diiringi oleh Malvin Simanjuntak sebagai pianis. 

Setelah doa percakapan, ibu Lamria Simanjuntak menyapa yang
Rollas Sitohang memimpin diskusi di kelas Kolose (Orang Muda)
hadir dan meng- undang jemaat untuk me- nyanyikan lagu sion nomor 158, “Critakan- lah Padaku” sebagai lagu pembukaan dalam acara Kebaktian Sekolah Sabat. Ayat inti dan doa pembukaan dilayangkan oleh ibu Adeline Sunaryo. 
Ibu Lies Purnama memimpin diskusi di Kelas Efesus
Kuis Follow The Bible kali ini dibawakan oleh ibu Lies Purnama. Sambil menunggu yang hadir memper- siapkan diri, ibu Lies membacakan pertanyaan dan jawaban kuis FTB pada sabat lalu. Program Follow The Bible ini merupakan bacaan Alkitab tahunan dari buku Kejadian pasal 1 sampai buku Wahyu pasal 22. Selama satu pekan ini (dari hari Sabat lalu 14 April 2012, sampai Jumat kemarin 20 April 21012), bacaan alkitab kita meliputi buku 1 Raja-raja 9 sampai dengan buku 2 Raja-raja 1. Satu persatu pertanyaan demi pertanyaan dibacakan dan jemaat yang hadir dengan antusias mengisi jawaban pertanyaan tersebut pada buku yang telah disediakan. Kuis Follow The Bible ini, dapat juga diakses di website Jemaat Kemang Pratama dengan alamat http://kemang-pratama.blogspot.com/search/label/Follow%20The%20Bible atau http://tinyurl.com/kuis-ftb

Selanjutnya, Veronika membawakan berita mission pada sabat ini yang datang dari Rumah Sakit Advent Menado.
Ibu Sitimei Kapitan memimpin diskusi di kelas Tiatira

Dalam berita mision itu dicerita- kan bagai- mana seorang pegawai rumah sakit yang bernama Ferdy, mendatangi setiap pasien dan menceritakan bagaimana indahnya menghabiskan waktu satu
Ibu Lince Manurung memimpin diskusi di kelas Smirna
hari penuh bersama Allah sekali dalam satu pekan. Dan banyak pasien, dan bahkan yang bukan beragama kristen, ingin didoakan. “Berdoalah untuk kami”, pinta mereka. “Rumah Sakit memang menyediakan kesempatan yang indah untuk melayani orang-orang yang mungkin tak akan dijumpai kalau tidak dengan jalan itu”, kata Pdt. Ferdy. “Itulah cara yang indah untuk memperkenalkan orang lain kepada rencana keselamatan dan pekabaran indah yang kami cintai”. 
Pada bagian lagu pujian, kelompok angklung yang terdiri dari beberapa ibu mengalunkan lagu instrumentalia dengan judul ”In Momment Like This”. Kelompok angklung ini dipimpin dan dilatih oleh bapak Legi dengan iringan piano yang dibawakan oleh Ivana Tobing. 
Ibu Annie Simanjuntak memimpin diskusi di kelas Tigris
Saat tiba pada acara diskusi pelajaran sekolah sabat, kembali pada ibu dan pemudi meng- ambil bagian sebagai pemimpin diskusi. Ada tujuh kelas yang ada, yaitu kelas Kolose (pemuda) dipimpin oleh Rolas Sitohang, kelas Efesus dipimpin oleh ibu Lies Endah Purnama, kelas Tiatira dipimpin oleh ibu Sitimei Kapitan, kelas Smirna dipimpin oleh ibu Lince Manurung, kelas Tigris dipimpin oleh ibu Annie Simanjuntak, dan kelas Filipi dipimpin oleh ibu Evelyn Sormin. 
Ibu Evelyn Sormin memimpin diskusi di kelas Filipi
Setelah acara Pelayanan Per- orangan yang dibawakan oleh ibu Imelda Perangin-angin, maka lagu penutup nomor 168 “Ada Crita Kami Mau Critakan” dinyanyikan sebagai lagu penutup dan doa dilayangkan oleh ibu Rachel Hasyim. Dan diakhir acara Kebaktian Sekolah Sabat, dadakan acara pemberian kenang-kenangan untuk para tamu yang sudah hadir. Tercatat, ada 10 orang tamu yang hadir termasuk keluarga Pdt J. Sinaga Direktur Departemen Penatalayanan konferens DKI Jakarta. 
Puji Tuhan!



- aster ungu -