Friday, April 13, 2012

Alkitab dan Revolusi Prancis

Kebaktian Rabu Malam, Rabu 11 April 2012


Permintaan doa pada pertengahan minggu ini dimulai tepat pukul 07.30. Dimana acara dimulai dengan dengan ucapan Syalom oleh pembawa acara dilanjutkan dengan mengundang hadirat Tuhan melalui Roh Kudus hadir dengan berdoa di dalam hati masing-masing yang dipimpin oleh bapak Karman. Selanjutnya jemaat menyanyikan lagu pembukaan nomor 183 “ Inilah Jamku Berdoa “ dan dilanjutkan dengan doa pembukaan oleh ibu Lince Manurung.

Kesaksian pada malam pertengahan minggu ini diawali dengan kesaksian oleh Pdt. Sonny Kapitan dimana di waktu yang lalu pernah keracunan makanan oleh karena memakan makanan yang sudah terkontaminasi racun namun dengan cepat meminum susu kental manis untuk menetralkan racun yang telah masuk kedalam tubuh yang akhirnya racun pun dapat di netralisasi “ Puji Tuhan “. Kemudian dilanjutkan dengan topik-topik doa yaitu mendoakan umat – umat Tuhan yang sedang sakit yakni mendoakan saudara Robert Rihihina dalam proses pemulihan, mendoakan Lady dan Michael Nayoan yang sedang dalam perawatan di RS. PIK, mendoakan ibu Surbakti, dan juga mendoakan bapak Supandi yang sedang sakit yang merupakan simpatisan KPA, selanjutnya mendoakan cucu ibu Adeline yang berulang tahun agar baik dalam pertumbuhannya, kemudian mendoakan KPA-KPA Kemang Pratama serta mendoakan saudara-saudara yang telah menerima buku Kemenangan Akhir juga simpatisan yang ingin menerima Yesus sebagai Juruselamat, mendoakan FOM untuk bulan April keluarga Reza E. , mendoakan anak-anak SMU yang akan mengikuti ujian akhir Nasional dan yang anak –anak yang sedang berkuliah yang akan mengikuti ujian - ujian, mendoakan ibu Ani dan Stella Simanjuntak yang dalam perjalanan menuju ke Solo dan juga mendoakan semua keluarga-keluarga Jemaat Kemang Pratama. Selanjutnya jemaat berdoa bertelut secara berkelompok dua tiga orang.

Lagu pujian untuk mengawali Firman Tuhan dibawakan oleh ‘semua yang berkaca mata‘ yang berjudul “ Buka Mataku Ya Tuhan “.

Firman Tuhan pada malam permintaan doa dibawakan oleh Gembala Jemaat Pdt. Sonny Kapitan diawali dengan ucapan ‘Syalom‘… Dimana Firman Tuhan dilanjutkan dari bacaan buku Roh Nubuat yakni buku Kemenangan Akhir pasal 15 yang yang berjudul “ Alkitab dan Revolusi Prancis “ yang mengisahkan tentang Sejarah yang merupakan kelanjutan Reformasi yang terjadi di Eropa. Bagian hidup manusia selalu berhubungan dengan sejarah. Sejarah ketika di Eropa dimana pertentangn besar yang terjadi di Prancis dan seorang yang bernama Napoleon Bonaparte. Marthin Luther mengajak orang-orang Kristen untuk kembali hidup menurut Alkitab. Setiap orang berhak untuk membaca dan memiliki Alkitab. Kelihatannya kejahatan menang pada waktu itu di Prancis, ada keputusan untuk dilarang untuk memiliki Alkitab kecuali orang-orang tertentu. Namun ada beberapa orang yang mempertahankan iman mereka untuk tetap mempertahankan Alkitab. Selama 1260 tahun lamanya mulai dari tahun 538-1798 M banyak siksaan yang terjadi yang menyebabkan banyak kematian bagi orang Nasrani antara lain menjadi budak bahkan dipancung mati bagi setiap yang mempertahankan Alkitab tersebut karena bagi mereka setiap kepala memiliki harga untuk mendapatkan hukuman siksaan. Hukum Allah dari Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru semuanya tetap berlaku dan semuanya berbicara tentang Yesus Kristus. Hubungan yang terjadi Revolusi di Prancis dalam hubungannya dengan Alkitab yakni, banyak orang-orang yang mempertahankan Alkitab yang mati sahid di mana hal terjadi yaitu karena setan panglima perang berusaha membunuh anak-anak terang dan pasal 15 banyak menyebutkan kata Setan. Revolusi Prancis di dalangi oleh mesir Atheisme yakni kepausan dan setan sendiri dan inilah merupakan pertentangn besar yang pernah terjadi. Tetapi Allah sendiri selalu bersama dengan umat-umatNya dari setiap pertentangan iman yang terjadi. Kebenaran mempertahan kan iman yang terjadi pada waktu itu merupakan mengalaman yang paling pahit yang pernah terjadi yakni Revolusi Prancis. Tujuh puluh ribu orang Nasrani dibantai pada masa itu yang membawa kegembiraan bagi para uskup dan pengikut kepausan, dan ini merupakan suatu kontra antara kebaikan dan kejahatan. Aplikasi dan himbuan, masing-masing orang memiliki potensi yang dapat digunakan untuk mendatangkan kebahagiaan dan berkat bagi orang lain bukannya menjadi kesusahan orang lain. Setan berusaha sepanjang Zaman melalui penipuan membawa bencana dan merusak tujuan Ilahi yang menyebabkan dukacita. Namun marilah setiap hati nurani umat-umat Tuhan diisi oleh hal-hal rohani melalui Alkitab yang dapat mendatangkan berkat kebahagiaan bagi pribadi dan orang lain.

Untuk mengakhiri Firman Tuhan jemaat menyanyikan lagu Sion dengan judul 180 “Ku Harap padaMu“ sebagai lagu penutup dan diakhiri dengan doa oleh Pdt. Sonny Kapitan. Kiranya menjadi berkat…


-Mei-