Monday, April 23, 2012

NILAI KESEHATAN


1 Korintus 16:19,20, “Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh kudus yang kamu peroleh dari Allah,-dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!”

“Malam pak, kita menuju ke mana?” demikian pengemudi taksi bertanya kepada saya dalam perjalanan pulang dari kantor pada malam itu. Segera saya memberitahu tujuan perjalanan sembari pak supir mengemudikan taksinya. “Sampai jam berapa nih kerjanya, Pak?” tanyaku pada supir taksi. Kemudian dia menyatakan bahwa dalam bekerja sebagai supir dia tidak terlalu memaksakan diri untuk bekerja, jadi dia tidak pernah bekerja melewati waktu yang ditentukan untuk masuk ke pool taksi. “Ya, saya setuju pak, kan besok masih ada lagi hari”, demikian sahut saya. “Kesehatan adalah modal kita untuk bekerja” sambung saya, sang supir taksi pun menganggukkan kepala tanda setuju. Pak supir kemudian melanjutkan percakapan dengan menyatakan bahwa dia merokok, tapi paling sehari setengah bungkus, tidak begitu candu dibandingkan dengan teman-temannya supir yang bisa menghabiskan 2 bungkus sehari. Kemudian Saya berkata ”Lebih baik tidak merokok sama sekali, agar sehat.”

Malam itu saya tidak langsung ke rumah karena membesuk saudara yang dirawat di rumah sakit yang datang dari luar kota. Setelah bertemu, saya menanyakan, gimana ceritanya jadi di rawat di sini, padahal di kotanya ada juga rumah sakit yang bagus. Dia datang dari luar kota, dirawat di rumah sakit dengan maksud agar bisa beristirahat cukup dan berhenti sejenak dari kesibukan sehari-hari. Dia tidak memikirkan biaya rumah sakit, yang penting bisa istirahat dan segera pulih. “Betapa berharganya kesehatan itu”, pikir saya

Saya teringat bahwa kita harus menjaga tubuh kita sebab tubuh kita bukan milik kita sendiri, Sebagaimana yang dinyatakan dalam ayat kita pagi ini, “Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh kudus yang kamu peroleh dari Allah,-dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!” Marilah kita memelihara tubuh kita, menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan istirahat, menjaga kesehatan, sebab tubuh kita ini bukan milik kita. Tuhan kiranya memberkati kita sepanjang hari ini. Amin.

Mari Kita bagikan Roti Pagi ini kepada sahabat Kita dengan menggunakan tombol “Tell A Friend” dibawah ini: