Thursday, April 21, 2011

The Growing Faith

Kebaktian khotbah Sabat tanggal 16 April 2011 dilayani oleh Pdt. H. W. Suawah dari Gereja Advent Depok Timur yang bersabat bersama di Gereja Advent Kemang Pratama dalam rangka promosi sekolah Advent Depok Timur. Sebagai Pianis jam kebaktian khotbah yaitu Felicia Tambunan dan korister oleh bapak Erhart Tobing. Bacaan ayat bersahutan dibacakan oleh bapak Munas Tambunan dan Jemaat, dilanjutkan dengan nyanyian pembukaan khotbah dari lagu sion nomor 181 “ Yesus Sahabat Terindah “ . Doa syafaat disampaikan oleh Bapak Williy Wuisan. Bacaan persembahan oleh bapak Viertin Tobing dilanjutkan dengan pemungutan persembahan oleh diakon saudara Didin dan bapak Mulana Simanjuntak dan ditutup dengan doa. Kemudian sebuah lagu pujian dengan judul “Take My Hand“ disampaikan oleh V. G. Sion dari Jemaat Depok Timur. Cerita anak-anak penghantar khotbah di bawakan oleh ibu TSA. Lumbangaol dari Jemaat Depok Timur dengan judul “ Persembahan Kasih Untuk Bait Allah ” dan semua anak diundang untuk maju ke depan untuk mendengarkan cerita. Dilanjutkan kembali dengan lagu pujian yang disampaikan oleh V. G. Sion dari Jemaat Depok Timur dengan judul “God Will Make A Way“.

Allah Bersabda sabat ini melalui Firman Tuhan yang dibawakan oleh Pdt. H. W. Suawah dengan judul “The Growing Faith“ dengan ayat inti yang diambil dari Roma 1 : 16 yang menyatakan bahwa Injil adalah merupakan kekuatan Allah yang menyelamatkan. Dan himbauan kepada umat-umat Tuhan sabat ini yaitu, Sebagai umat Tuhan apabila menyampaikan Firman Tuhan haruslah dengan bahasa yang sederhana sehingga dapat dimengerti oleh orang yang mendengarnya. Dan Firman Tuhan itu bukanlah harus logika ataupun analisis melainkan yang dituntut adalah hanya percaya saja dan bukan teori-teori yang dituntun oleh manusia. Firman Tuhan yang disampaikan haruslah ditunjukkan melalui perbuatan. Sehingga bilamana kita berbicara tentang surga maka kehidupan kita haruslah menunjukkan umat yang siap masuk surga dan kitapun perlu menumbuhkan iman kita. Alkitab mengatakan bahwa ‘ Iman yang tidak bertumbuh adalah iman yang mati ’ seumpama pohon, apabila pohon itu tidak bertumbuh berarti pohon itu mati.

Ditengah-tengah khotbah sebuah lagu pujian berupa instrument di bawakan oleh Samuel Suawah Family.

Iman yang bertumbuh dapat dilihat dari buah roh yaitu perbuatan kita. Dan pada sabat ini umat-umat Tuhan diingatkan agar menjadi umat-umat Tuhan yang beriman dengan menunjukkan buah – buah roh yaitu suka cita, kelemahlembutan, kebaikan hati,…. melalui penurutan dan dukungan terhadap program-program salib yang sesungguhnya yaitu kebenaran. Banyak kebenaran yang dipertahankan dengan cara yang salah sehingga menghalangi orang untuk memandang Salib. Kebenaran haruslah dipertahankan dengan cara yang benar dan dengan menonjolkan hanya Jubah Kristus sehingga kebenaran yaitu injil dapat menjadi kekuatan yang membawa keselamatan kepada umat-umat yangNya dan juga bagi yang mendengarnya. Amin.

Untuk meng-aminkan firman Tuhan, Jemaat menyanyikan lagu sion nomor 301 “ Yesus Harta yang Terindah “ dan ditutup dengan doa oleh Pdt. H. W. Suawah. Setelah selesai bersalaman maka semua tamu yang hadir diundang untuk makan bersama dan juga mengikuti acara PA yang akan dibawakan oleh pemuda-pemudi Advent Depok Timur pada sore hari. Semoga berkat Sabat menjadi bagian kita semua. Tuhan Memberkati.

-Mei-