Tuesday, April 19, 2011

Ikuti Petunjuk Arah!

Yeremia 7:23, “Hanya yang berikut inilah yang kuperintahkan pada mereka: Dengarkanlah suaraKu, maka Aku akan menjadi Allahmu dan kamu akan menjadi umatKu dan ikutilah seluruh jalan yang Ku perintahkan padamu, supaya kamu berbahagia.”


Di kala bangun di pagi hari, kami sekeluarga berdoa bersama. Satu pertanyaan yang sama, saya tanyakan pada ketiga anak kami, “Anakku apa yang kamu inginkan hari ini TUHAN berikan padamu?” Anak kami yang tertua menjawab: "Papa, saya ingin dapat teman baru yang baik". "Oooh begitu", jawabku. Pertanyaan yang sama saya tanyakan pada anak kami yang kedua. Ia pun menjawab, “Papa, saya ingin dapat sepeda baru”. "Wow begitu ya keinginanmu nak?", saya balik bertanya dan ia kembali menjawab sekaligus menegaskan, "Ya Papa, saya ingin sepeda baru". Saya dan istri tersenyum mendengarkan penegasan jawaban dari anak kami yang kedua, karena dalam pikiran, saya dan istri harus siap menyediakan dana untuk membeli sepeda baru bagi anak kami yang kedua.

Tiba giliran anak kami yang ketiga yakni si bungsu, pertanyaan yang sama saya tanyakan, “Anakku apa yang kamu inginkan hari ini TUHAN berikan padamu?” Si bungsu menjawab: "Papa, saya mau hari ini, saya jangan di marahi sama Mama!". "Ha... ha... ha", kami spontan tertawa, demikian juga dengan kedua abangnya. Rupanya anak kami yang ketiga masih ingat dalam pikirannya bahwa semalam sebelum tidur ia sempat dimarahi oleh mamanya, disebabkan ia tidur tanpa membersihkan atau mencuci kakinya.

Renungan di pagi hari ini mengingatkan kita sebagai manusia, bahwa masing-masing kita tentunya menginginkan TUHAN memberikan bagi kita sesuatu yang baik untuk kita nikmati sejak kita bangun pagi hingga sepanjang hari. Teman yang baik, sepeda yang baru, keperluan hidup sehari-hari, terhindar dari marabahaya dan kesusahan, dapat bekerja dengan baik, hati atau perasaan yang bahagia??? Wow . . . mau dong berkat-berkat itu kita dapatkan dari TUHAN. Teman, sepeda atau bahagia itu yang ditunggu-tunggu. Semua orang pasti mau banget yang namanya berkat dan hidup bahagia. Hidup bahagia dan berkat, TUHAN pasti akan berikan kepada kita, jika kita selalu taat dan ikuti jalanNya yang benar. Hidup bahagia dan berkat itu akan dapat kita rasakan ditentukan atas seberapa hati kita bersyukur dan berterima kasih untuk setiap hal yang terjadi dalam hidup kita adalah atas seijin Tuhan. Lebih banyak mengucap syukur maka lebih besar keindahan dan arti hidup yang dapat kita rasakan atas apa yang Allah karuniakan kepada kita. TUHAN memberkati saudara dan saya menjadi orang yang berserah dan bersyukur kepada-Nya, segala perkara akan membawa kebaikan dalam hidup kita. Amin.



Mari kita bagikan Roti Pagi ini kepada sahabat kita dengan menggunakan tombol "Tell A Friend" di bawah ini.