Tuesday, April 12, 2011

Penyamak Kulit

Acara vesper jemaat GMAHK Kemang Pratama tanggal 1 April 2011 dimulai jam 07.30 dan pembawa acara Didin. Setelah berdoa dalam hati masing-masing, Jemaat menyanyikan lagu sion nomor 21 “ Suci Suci Suci “ sebagai lagu pembukaan dan doa pembukaan oleh ibu Ani Simanjuntak Lagu pujian dibawakan oleh Pemuda pemudi Kemang Pratama dengan judul lagu “ Jagalah Hai Orang Saleh“. Firman Tuhan malam ini dibawakan oleh Pendeta Sonny Kapitan Gembala Jemaat Kemang Pratama.

Firman Tuhan Berjudul “ Penyamak Kulit “ yang menekankan bahwa, Pekerjaan penyamak kulit merupakan pekerjaan yang berhubungan pembersihan dengan istilah rohani adalah berhubungan dengan kekudusan. Pada Zaman Alkitab, dimana proses pembuatan yang dilakukan terhadap kulit sebelum menjadi sesuatu benda yang berharga dan dibutuhkan banyak orang adalah proses yang memerlukan banyak waktu, tenaga, kesabaran, ketelitian, pembersihan dan harus tahan terhadap bau – bau yang ditimbulkan dari kulit yang belum diproses. Dan setelah melewati proses tersebut maka dapat dihasilkan benda yang berharga yang dibutuhkan dan dapat dipergunakan oleh banyak orang dalam memenuhi kebutuhannya, seperti tenda, alas kaki, tempat air, tas dan lain sebagainya. Nilai aplikasi yang dapat kita ambil yaitu, sebagi manusia yang penuh dengan dosa, Tuhan memanggil kita. Dengan berbagai tantangan yang kita hadapi Dia ingin agar kita mau menguduskan dan memperbaharui kehidupan kita yang penuh dengan kelemahan dan dosa. Dengan demikian hubungan yang harmonis dengan Tuhan dan sesama manusia adalah bagian penting dari pengudusan diri. Dan untuk itu kita memerlukan pertolongan Roh Kudus, dengan doa dan merenungkan Firman Allah dengan membaca Alkitab dari waktu ke waktu kita dapat menguduskan hati juga diri kita serta memperbaharui kehidupan kita. Sehingga kita dapat digunakan sebagai alat Tuhan yang ampuh untuk memperkenalkan kasihNya dan dapat menjadi berkat bagi semua orang melalui perilaku, tabiat dan perkataan kita. Kekudusan hidup dan kebersihan hati adalah penting untuk dapat menghasilkan kehidupan yang dapat berguna bagi orang lain terlebih terlebih kepada Tuhan. Amin.

Untuk meng-aminkan Firman Tuhan, Jemaat menyanyikan lagu sion nomor 46 “ Sucikan Hatiku ”. Dan doa penutup oleh gembala jemaat Pdt. Sonny Kapitan. Acara vesper diakhiri dengan bersalaman. Sampai berjumpa hari sabat pagi….

-Mei-