Tuesday, April 05, 2011

Rahasia Panjang Umur – Bagian 3

Mazmur 91:15, 16, “Bila ia berseru kepadaKu, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya. Dengan panjang umur akan Kukenyangkan dia, dan akan Kuperlihatkan kepadanya keselamatan dari padaKu.”


“Kok aku kelihatannya kurus banget ya. Nggak biasanya fisikku sekurus ini, jadi kelihatan kayak tua banget”, demikian saya berkomentar dalam hati sambil berlama-lama di depan cermin. Terlihat wajah saya lebih kusam dan lebih gelap dari kulit aslinya yang berwarna sawo matang. Belum lagi rambutku pun terlihat sudah panjang menambah penampilanku terlihat beberapa tahun lebih tua dibandingkan umur saya aslinya. Saya masih terpaku berdiri di depan cermin sambil merenungkan keadaanku saat itu.

Memang tidak bisa saya pungkiri telah beberapa minggu bahkan hampir lewat satu bulan lamanya saya tidak bisa tidur setiap malamnya. Gelisah rasanya setiap kali pikiran saya terfokus kepada beberapa permasalahan yang cukup serius. Permasalahan yang membuat saya tidak bisa tenang berpikir, fokus dalam bekerja dan sangat tidak bergairah dalam kehidupan sehari-hari pada periode itu. Hal ini membuktikan bahwa kemanusiaan saya lebih mendominasi pikiran saya. Membuat saya berusaha mencari jalan keluar atas masalah berat yang saya hadapi gantinya meminta bantuan kepada Allah yang dapat memberikan jalan keluar. “Waduh … Bagaimana ya caranya, agar aku bisa menyelesaikan masalah ini? Kalau saya tempuh cara yang ini, nanti hasilnya begini, nanti muncul masalah yang satu ini lagi. Aduuuhhh...! Bagaimana sih ini jalan keluarnya...?” Pikiran saya benar-benar galau dan tidak nyaman, sampai-sampai saya tidak bisa tidur setiap malamnya. Hal ini pasti yang membuat raut wajah saya terlihat lebih kusam dan berkerut bahkan lebih tua beberapa tahun dari semestinya. Ketenangan akhirnya menemani saya setelah suatu hari saya benar-benar bisa fokus, berdoa sungguh-sungguh dan menyerahkan segala permasalahan hidup saya kepada Allah, memohon Dia untuk memberikan jalan keluar dan saya pun merasa nyaman sejak itu.

Sungguh masuk akal ayat kita hari ini yang menyatakan bahwa jikalau kita berseru kepada Allah, menyerahkan segala sesuatu ke dalam tanganNya dan memohon perlindungan hanya dari padaNya, maka kita akan beroleh panjang umur karna Allah telah menyertai kita dalam kesesakan bahkan meluputkan kita sehingga kita akan merasa lebih tenang dalam kehidupan jasmani, wajah terlihat lebih ceria dan badan kita tentunya merasa sehat, sesuai pepatah mengatakan, “Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat”. Jika tubuh dan jiwa kita sehat, maka panjang umur akan berada di tangan kita atas pemberian Allah. Terimalah resep panjang umur yang Allah tawarkan dengan memulai sebagai seorang yang selalu berseru dan menyerahkan diri hanya kepada Allah. Sesuai janjinya lewat ayat kita pagi ini, maka Allah akan mengenyangkan kita dengan panjang umur. Semoga kasih Allah yang menyertai hidup kita untuk dapat mengendalikan pikiran dan emosi jiwa kita untuk membawa kebaikan bagi hidup kita dan orang lain. Allah menyertai perjalanan hidup kita.

Mari kita bagikan Roti Pagi ini kepada sahabat kita dengan menggunakan tombol "Tell A Friend" di bawah ini.