Wednesday, February 18, 2009

Hormati Semua Orang

1 Petrus 2:17 “Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja!”



Selamat siang bu…!”, seorang perawat menyapa ketika saya sedang menunggu di depan lift sebuah rumah sakit. “Mau jenguk siapa, bu ?”, tanyanya dengan nada yang ramah. “Oh, saya mau menjaga papanya anak-anak yang sedang di rawat.”, jawab saya. Dalam hati saya merasa kagum hebat juga perawat di rumah sakit ini, walaupun tidak kenal mau menyapa dan memperhatikan orang lain. “Maaf bu, apakah ibu lupa dengan saya ? Saya kan murid ibu sewaktu di SMA dulu…”, katanya memperkenalkan diri untuk mengingatkan saya. “ Eh..iya..Aduh maaf ya… ibu lupa sekali maklum sudah tua, dan kamu juga kelihatan sudah sangat berubah dari sewaktu masih di SMA”, kata saya tersenyum dan kamipun asyik berbagi cerita mengenang kejadian-kejadian lucu di masa proses belajar mengajar dulu.

Belum selesai disitu, ketika siangnya saya mau hendak makan, sayapun menuju kantin yang tersedia di rumah sakit ini. Sayapun masuk dan saya di sambut oleh salah seorang pramusaji kantin ini. ”Selamat siang ibu, bisa saya bantu kira-kira ibu perlu makanan apa ya ?”, tanyanya dengan senyum dan nada suara yang ramah. Saya memang tahu slogan “Pelanggan adalah raja”, namun baru kali ini saya benar-benar merasa diperlakukan dengan layanan yang sangat menyenangkan. Pramusaji ini terlihat sangat antusias untuk melayani. Belum selesai saya terkagum-kagum dengan kejadian yang saya alami hari ini, tiba-tiba suaranya memecah keheningan “Ibu lupa ya dengan saya..? Saya kan mantan murid ibu…”, katanya sambil tertawa kecil. Oh…saya betul-betul tersanjung karena mantan murid-murid saya masih mengingat saya dan mau menyapa saya. Selanjutnya sambil mengambil tempat dia pun menemani saya makan siang sambil bernostalgia masa-masa SMA dia dulu. Siang itu saya benar-benar terharu karena saya memiliki anak-anak didik yang tidak sungkan untuk menyapa saya sebagai mantan gurunya.

Pagi ini ayat alkitab mengajak kita untuk tetap ingat dan hormat kepada orang lain. Terkadang mungkin kita lupa melakukan hal yang kelihatannya sederhana tapi sangat berarti buat orang lain, entah siapapun orang itu. Bisa saja dia adalah mantan guru kita, orang tua kita, atasan, sahabat atau bahkan pasangan kita. Siapapun itu, kita harus tetap menjaga rasa hormat dan kasih kita. Mari kita melakukan hal tersebut didalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan mengingat dan menghormati orang lain, kita akan lebih mudah untuk belajar mengasihi mereka.

Have a nice day !

Bagikan Roti Pagi ini kepada sahabat anda. Gunakan tombol ”Tell A Friend” di bawah ini.