Tuesday, February 10, 2009

Potluck Bersama JAM


Usai khotbah jam menunjukkan pukul 13:45. Seperti biasa jemaat bersalaman dengan pengkhotbah di pintu masuk. Namun kali ini, ke 34 anggota koor turut juga bersalaman dengan jemaat. Sehingga barisan yang panjang terbentuk hingga keluar mengisi halaman gereja. Tampak semua bersukacita dan bergembira bersalaman. “Terima kasih ya untuk pelayanannya dan selamat sabat…”, demikian ucapan yang meluncur dari jemaat kepada anggota JAM. “Puji Tuhan dan selamat sabat..”, ucap anggota-anggota JAM sambil tersenyum.

Semua jemaat, anggota JAM, dan tamu-tamu dari jemaat lain bergegas menuju ke samping gereja. Di sana ibu-ibu sesekali mengecek persiapan hidangan yang terbagi menjadi 3 meja utama. Hhhhmm..terasa sudah lapar dan siap menyantap makanan vegetarian yang lezat dan nikmat. Setelah ucapan terima kasih sekali lagi disampaikan kepada JAM atas pelayanan yang baik pada sabat itu, Pdt R.Y. Hutauruk memimpin doa makan. Setelah itu…semua secara teratur mengambil piring, sendok dan mulai mengantri untuk mengambil makanan. Menu yang dihidangkan cukup beragam. Mulai dari sop, gado-gado, mie goreng, sayur-sayuran, tahu dan tempe, telur, dan lain-lainnya. Semua dipersiapkan oleh ibu-ibu dengan penuh sukacita.

Setelah makanan diambil, sebagian mengambil tempat duduk yang disediakan di pinggir gereja dan dekat halaman belakang. Ada yang mengambil posisi berdiri sambil mengobrol satu dengan yang lain. Nampak asyik beberapa orang berbicara. Sepertinya kesempatan ini menjadi saat untuk jumpa dengan teman-teman lama. Bapak Sudianto Suhardjo dan Bapak Willy Wuisan asyik berbicara dengan Bapak German Siagian. Sementara Bapak Wilson Tobing sambil menikmati makanan berbincang-bincang dengan Bapak Humala Sitompul. Di tempat lain Bapak Jannus Hutapea nampak asyik berbicara dengan pendeta dan beberapa anggota jemaat lainnya. Wah…memang asyik sekali acara potluck sabat ini. Setelah itu hidangan penutup pun seperti pudding, kue-kue tradisional, dan es buah dihidangkan berkeliling oleh ibu-ibu dan semua yang hadir dengan senang hati menyambut tawaran itu. Tidak terasa waktu bergeser cepat ke jam 15:00. Teman-teman dari JAM permisi pulang. Gembala, ketua jemaat dan anggota jemaat menyampaikan terima kasih kepada Bapak Jannus Hutapea dan semua anggota JAM atas pelayanannya di Sabat itu. Kiranya Tuhan memberkati JAM dalam rencana mereka sepanjang tahun ini. Semua untuk kemuliaan bagi nama Tuhan.