Sunday, February 08, 2009

Tuhan Tempat Perlindunganku

Mazmur 46 : 2 “ Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti.”



Dalam satu kesempatan pergi ke Ho Chi Minh City atau yang dulunya dikenal dengan nama Saigon, seorang kawan mengajak saya mengunjungi obyek wisata peninggalan perang Vietnam yang dibangun oleh tentara Vietkong. Namanya adalah Cu Chi Tunnel, yaitu sebuah terowongan sempit bertingkat 3 yang dibangun beberapa meter di bawah permukaan tanah. Panjangnya beberapa kilometer, dengan jalan keluar pada jarak-jarak tertentu. Terowongan ini selain berguna sebagai tempat persembunyian, juga untuk menghubungkan berbagai fasilitas penunjang perang lainnya, yang semuanya dibangun di bawah tanah. Di atas terowongan ini ditanami rumput yang tebal, diselingi dengan pohon-pohon, sehingga tidak ada yang mengira bahwa di bawahnya ada tempat persembunyian. Sejarah mencatat bahwa tentara Vietnam Utara berhasil mengalahkan tentara Vietnam Selatan, meskipun mereka disokong oleh tentara Amerika dengan peralatan yang jauh lebih canggih. Pemandu wisata bangga sekali pada waktu ia menjelaskan mengenai kehebatan Cu Chi Tunnel sebagai tempat perlindungan sehingga menghasilkan kemenangan melawan musuh.

Kepada setiap pengunjung diberi kesempatan untuk masuk ke dalam terowongan tersebut. Sayapun penasaran dan mencoba untuk masuk. Belum berapa jauh melangkah dalam terowongan, saya sudah merasa sesak nafas, ada beberapa orang yang di depan dan di belakang saya, rupanya juga mengalami hal yang serupa. Akhirnya, kami sepakat untuk mundur dan keluar lagi menuju ke permukaan tanah, sementara yang lainnya tetap meneruskan perjalanan. Biasanya di ujung terowongan tempat keluar, sudah menanti fotografer untuk mengambil gambar mereka yang berhasil menyelesaikan perjalanan itu. Wajah mereka cerah, seperti orang habis menang perang. Oh, seandainya saya hidup dan berada di lokasi perang Vietnam dulu, maka tamatlah sudah riwayat saya, karena saya lebih memilih udara segar dibanding berada di terowongan yang aman dari serangan musuh.

Firman Tuhan mengamarkan kepada kita bahwa setan berjalan berkeliling seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang bisa ditelannya. Setiap hari kita dihadapkan pada peperangan. Kita melawan musuh-musuh yang sangat berbahaya yang tidak kelihatan. Bila orang-orang Vietnam bangga dengan Cu Chi Tunnel, yang terbukti ampuh sebagai tempat perlindungan bagi mereka di masa perang, maka ayat renungan kita pada hari ini mengatakan bahwa Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti. Bila kita ingin menang dalam peperangan iman kita, mari kita berlindung padaNya, gunung batu, kota benteng kita.

Have a wonderful week end !