Saturday, April 11, 2009

Hilang Dan Ditemukan

Lukas 19 : 10 “Sebab Anak manusia datang untuk mencari, dan menyelamatkan yang hilang.”




Pada waktu itu kami sekeluarga berencana untuk berlibur, pulang ke kampung halaman. Sejak menikah hingga mempunyai anak kami belum memiliki kesempatan untuk pulang kampung. Setelah mempersiapkan berbagai kebutuhan yang akan dibawa, kami pun tiba di hari yang dinanti-nantikan. Untuk pulang ke kampung, kami menggunakan beberapa jalur transportasi yaitu melalui jalan darat dan jalan laut. Walaupun sedikit agak memakan waktu, pemandangan laut yang begitu indah menjadi hiburan yang sangat kami nikmati selama dalam perjalanan. Setelah tiba di pelabuhan kami meneruskan dengan menumpang bus ke tempat tujuan. “Mami, saya turun dulu sebentar... kaki rasanya pegal sekali”, kata suami saya. “Jangan lama-lama ya pa, nanti ketinggalan mobil loh..”, kata saya mengingatkannya. ”Mami enggak mau turun?”, tanyanya lagi. “Enggak usah deh… papi saja. Biar saya dengan anak-anak menunggu di mobil saja.”, jawab saya. Saya sebetulnya merasa sangat lelah, tetapi agar tidak terlalu repot saya tinggal di mobil saja untuk meluruskan kaki sejenak. Saya yakin anak-anak tidak akan melakukan hal apapun karena saya bersama mereka.

“Wah..., lumayan segar juga rasanya setelah menghirup udara di luar…”, ujar suami saya. ”Ya sudah, papi kembali saja ke tempat duduk semula bersama si kakak…”, kata saya dengan tenang. ”Maksud mami apa?”, tanya suami saya dengan wajah kebingungan. Kami saling berpandangan. Ketika itulah kami baru menyadari bahwa anak kami tidak bersama-sama di dalam mobil. Saya panik sekali ! Saya langsung berpikiran buruk, pastilah anak kami sudah diculik orang. Akhirnya kami meminta ijin kepada sopir untuk mencari anak kami terlebih dahulu. ”Ya Tuhan, lindungilah anak kami…”, itulah doa yang saya ucapkan berkali-kali. Tuhan memang Maha Kuasa! Di depan sebuah toko mainan anak, kami melihat dengan jelas anak kami sedang asyik memperhatikan mainan-mainan yang dipajang. ”Kakak, kemana saja ? Mami dan papi bingung mencari kamu…!”, kata saya sambil memeluk kuat tubuhnya. Walaupun sempat bingung, kami sangat bersyukur karena Tuhan melindungi anak kami dan mempertemukan kami kembali.

Di pagi yang indah ini, ayat renungan mengatakan bahwa Yesus datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang. Dunia berusaha melakukan hal-hal yang menarik perhatian manusia. Terkadang penarikan itu begitu menyita perhatian dan waktu kita, sehingga membuat kita tanpa sadar melangkah jauh dari Tuhan dan hilang. Namun Tuhan senantiasa penuh dengan kasih. Dia selalu mencari dan menyelamatkan manusia ciptaanNya yang hilang. Yesus telah meninggalkan surga yang mulia, untuk menyerahkan nyawaNya, dengan darahNya yang tertumpah, untuk menebus dan menyelamatkan kita yang berdosa. Kita yang dulu hilang, tetapi sekarang telah ditemukan dan diselamatkan. Kita puji Tuhan untuk kasihNya yang ajaib! Marilah kita senantiasa berjalan bersama dengan Tuhan setiap hari, agar kita senantiasa aman dalam perlindunganNya.

God showers His abundant blessings to us today !