Wednesday, April 22, 2009

Tuhan Melindungi


Mazmur 121:7 “TUHAN akan menjaga engkau terhadap segala kecelakaan; Ia akan menjaga nyawamu.”





Pagi itu di hari libur kami sudah siap untuk pergi bertamasya. Makanan dan perlengkapan yang kami butuhkan pun sudah siap untuk dibawa. Sebelum berangkat, kami semua terlebih dahulu berdoa, memohon agar Tuhan melindungi dan meluputkan kami dari marabahaya. Melihat anak-anak dan istri begitu germbira, saya semakin bersemangat melakukan perjalanan tamasya ini. Selama dalam perjalanan anak-anak asyik bersenda gurau, bernyanyi dan tertawa. Untuk tiba di tempat tujuan kami melalui jalan tol, baru kemudian kami melewati jalan yang lumayan berkelok-kelok. “Papa, asyik ya kalau bisa sering-sering seperti ini”, si kakak berkata sambil tersenyum gembira, “Iya, boleh-boleh saja… Asal kalian semua menurut dan baik, papa pasti akan bawa lagi kalian untuk bertamasya”, kata saya sambil mengangguk setuju.

Karena perjalanan lumayan panjang sementara cuaca juga terasa sejuk, tak terasa anak-anak semua sudah tertidur. Awalnya kelihatan cuaca baik-baik saja. Oleh karena itu ketika hujan turun rintik-rintik kamipun terkejut. “Wah pa, kok tiba-tiba ada hujan yaa…?”, tanya istriku. “Iya kok datangnya tiba-tiba sekali ya…”, sahutku sambil pandangan tetap ke arah jalan. “Kalau begitu hati-hati nyetirnya ya pa, karena hujannya sekarang malah semakin deras sekali”, kata istriku lagi mengingatkan. Terus terang memang pandangan ke depan semakin tidak begitu jelas. Tiba-tiba saja dari arah berlawanan muncul sebuah mini bus dengan kecepatan tinggi dan langsung saja menghantam mobil kami “Bbbraaaakkk..!!!”, bunyinya terdengar keras sekali. Anak-anak yang sedang pulas tertidur langsung bangun dan berteriak “Mama ! Papa ! Ada apa..?”, tanya mereka ketakutan. Tidak lama kemudian semua menangis karena terkejut bercampur takut. Saya pun langsung menepi mencari tempat yang aman agar bisa segera memeriksa keadaan anak-anak dan juga mobil kami. “Adek, enggak apa-apa kok ma..”, kata si bungsu. “Kakak juga enggak luka kok ma, cuma pusing saja sedikit karena terkena pinggir pintu”, suara kakaknya menjelaskan kepada kami. Sebagai orang tua kami tentunya bersyukur sekali karena semua anak-anak bisa terlindung aman dan kami tidak mengalami luka apapun juga.

Ayat renungan kita pada hari ini mengingatkan bahwa Tuhan senantiasa menjaga dan melindungi kita. Di dalam aktifitas kita setiap hari, ada banyak hal yang dapat terjadi. Di tengah-tengah kesibukan semua orang, terkadang terjadi kelalaian. Kelalaian seseorang bisa menjadi penyebab timbulnya bahaya bagi orang lain. Kita tidak dapat mengendalikan semua hal yang dapat terjadi secara tak terduga. Kita memerlukan perlindungan Tuhan setiap hari. Tuhan akan menjaga kita dan memelihara kehidupan kita. Pada saat kita bangun di pagi hari, mari kita datang kepada Tuhan melalui doa dan kita serahkan semua rencana kita kepadaNya. Tuhan akan mengawal kita, menjaga dan melindungi kita senantiasa.

Have a great day !