Tuesday, April 28, 2009

Penjagaan Allah

Mazmur 91:11 “sebab malaikat-mailaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu.”







Kebetulan ada tanggal merah, sehingga kesempatan libur kali ini bisa kami gunakan untuk berziarah ke makam ayah di Jakarta Barat. Keinginan ini sudah kami rencanakan jauh hari sebelumnya. Pagi itu kami menggunakan kendaraan umum untuk tiba ke tempat tersebut. Memang tempatnya cukup jauh sehingga harus berganti dua kali untuk dapat tiba di tempat tujuan. Kebetulan pagi itu hujan, sehingga jalan yang dilalui kendaraan ini terasa kurang menyenangkan. Maklumlah jalannya masih belum terbuat dari aspal, sehingga terasa licin. Sopir yang mengendarai mobil sepertinya tidak perduli dengan keadaan ini karena dia tetap saja mengendarai dengan kencang dan tidak hati-hati.

”Pak supir pelan-pelan dong, kami semua bisa mati nih..!!”, teriak salah seorang penumpang yang ada di dalam mengingatkan supir yang mengendarai bis. “Jangan ngebut-ngebut dong pak ini lagi hujan, jadi jalanan licin..!”, salah seorang penumpang yang lain mengingatkan. Tapi supir ini tidak menggubris peringatan dari penumpang, dia tetap saja membawa mobil sesuka hatinya. Tiba-tiba “brukkk!!!”, bunyi sesuatu dan mobil terasa miring sebelah. Supir tidak bisa lagi mengendalikan bus ini. “Tolong…tolong…!!”, teriak penumpang histeris. “Ayo semua penumpang turun dulu..!! ”, suara seorang bapak memberi jalan keluar. “Mobilnya masuk ke dalam lubang, kita harus mendorong bersama-sama supaya bisa berjalan normal kembali..!”, seorang bapak kelihatan mengerti keadaan yang sebenarnya. Akhirnya satu persatu penumpang turun dan membantu agar bisa bis dapat kembali ke posisi normal. Sementara itu semua penumpang bersyukur karena luput dari maut. Setelah semua teratasi maka bis itupun dijalankan kembali. Bapak supir juga meminta maaf atas sikapnya yang salah. Kami juga bisa tiba di tempat tujuan dengan selamat.

Ayat renungang pagi ini mengatakan bahwa Tuhan mengirimkan malaikat-malaikatNya untuk melindungi kita. Terkadang memang kita tidak dapat mengendalikan situasi yang ada sesuai dengan keinginan kita, tetapi kita bersyukur karena ada malaikat yang Tuhan kirimkan untuk mengatasi masalah yang mungkin ada di luar kemampuan kita. Allah mempunyai banyak cara untuk dapat menolong kita asalkan kita percaya sepenuhnya kepada Tuhan. Marilah kita menyerahkan seluruh rencana hidup kita, baik dalam perjalanan maupun dalam segala sesuatu ke dalam tangan Tuhan,sehingga kita bisa melihat yang terbaik untuk kita terima.

God be with us every day !