Thursday, April 02, 2009

Ucapan Selamat Pdt. Lendra Situmorang

Bagaimana kita bisa mengucapkan selamat ’ulang tahun’ dengan satu keyakinan bahwa penyertaan Tuhan adalah sebuah kepastian? Pengalaman Yosua (fasal 3) & bangsa Israel masuk tanah Kanaan sangat penting untuk menjadi petunjuk kita. Petunjuk ini penting karena 365 hari di depan belum pernah kita jalani. Bangsa Israel dipimpin Yosua belum lama ditinggal Musa & sekarang menghadapi tantangan besar yg penuh ketidakpastian. Buat Yosua sebagai penerus, Tuhan saja harus mengatakan 3x berturut: ”Kuatkan dan teguhkanlah hatimu” (Yosua 1:6, 1:7, 1:9).

Bagaimana menjalani tahun-tahun di depan padahal ada segunung tantangan untuk menduduki tanah perjanjian? Yosua mengajak seluruh umat untuk dekat-dekat dengan simbol kehadiran Allah yaitu Tabut Perjanjian (3:3-4). Yosua minta bangsa Israel berjalan memperhatikan tabut supaya tahu jalan mana yang harus ditempuh, sebab jalan di depan belum pernah dilalui.Sebagai gereja, dekat dengan hadirat Allah tidak bisa terpisah dari pernyataan diriNya dalam Alkitab. Gereja perlu menjadi komunitas orang percaya yang ’biblically rooted’ dalam semua aspeknya. Hal ini dimulai dari para pemimpin jemaat dan seluruh umat.Yosua memerintahkan agar umat menguduskan diri, karena ada perbuatan ajaib Tuhan yang akan terjadi (3:5-6).

Bangsa Israel percaya pimpinan Tuhan melewati berbagai tantangan baik geografis maupun bangsa lainnya. Tidak meragukan kebaikan Tuhan dan terus konsisten percaya pada penyertaanNya merupakan hal yang perlu kita kerjakan. Jalan di depan tidak keliatan dengan jelas, karena Tuhan mau kita lewati setahap demi setahap.

Jadi memasuki tahun ke-10 untuk GMAHK Kemang Pratama, ucapan selamat ’ulang tahun’ lebih tepat kita sampaikan kepada Tuhan – Sang Kepala Gereja. Ucapan itu kita sampaikan dengan keyakinan bahwa ’Ya, Tuhan akan mengulang kesetiaanNya menuntun, mengingatkan, mendisiplin kita untuk jadi alat demi mengumpulkan domba-domba lain yang masih diluar sana dan mempersiapkan umat untuk masuk kedalam tanah perjanjian, Sorga’. "Nothing Is Impossible If We Walk With God".

Atas nama Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Konferens DKI Jakarta dan sekitarnya, saya mengucapkan Selamat Ulang Tahun kepada GMAHK Kemang Pratama Putra yang ke 10. Tuhan memberkati engkau dan melindungi engkau; Tuhan menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; Tuhan menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.


Pdt. L. Situmorang, M. Min

Ketua Konferens DKI Jakarta dan Sekitarnya