Thursday, April 16, 2009

Pada Masa Kanak-kanak

Hari Rabu 15 April, jam menunjukkan tepat pukul 19:30. Ibu Sunaryo memulai acara kebaktian malam permintaan doa. Lagu Sion Nomor 34, “Kupuji Tuhan Yang Jadikan” mengawali perbaktian ini dan dilanjutkan dengan doa pembukaan oleh ibu Syuul Sianturi. Selanjutnya, lagu pujian yang berjudul “Eden Taman Yang Terindah” dibawakan oleh keluarga Wilson Tobing. Pekabaran malam ini dibawakan oleh ibu Dahlia Hutauruk, yang mengambil bahan dari buku Kerinduan Segala Zaman pasal 7 yang berjudul “Pada Masa Kanak-kanak”. Pekabaran yang begitu baik, yang cocok bagi keluarga-keluarga, terutama keluarga muda yang masih mempunyai anak kecil. Dalam pekabaran ini berisi nasihat-nasihat kepada orang tua, bagaimana seharusnya orang tua mendidik anak-anak mereka.

Dalam masa kanak-kanak Yesus, peran seorang ibu, selain tentunya Allah Bapa, sangat penting. Ibu-Nya selalu mendorong dan menyemangati Yesus untuk perkembangan tabiat-Nya. Pendidikan sangat penting untuk mengenal kebenaran dan kebesaran Tuhan. Dalam pendidikan ini, Firman Tuhan diajarkan untuk dituruti, bukan hanya untuk dihafal. Hukum Allah harus ditanamkan. Tabiat Allah harus diperkenalkan dan penurutan haruslah dilakukan. Dari pelajaran ini, ada 5 hal yang dapat dibuat agar hidup dapat mendatangkan berkat bagi orang lain. (1) Selalu mengutamakan Firman Tuhan, (2) Dekat dengan alam, (3) Melakukan perbaktian pagi dan petang, (4) Berkomunikasi dengan Allah melalui doa pribadi, dan (5) mengembangkan pikiran yang positif sesuai dengan Filipi 4:8 ”Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.” Puji Tuhan untuk renungan yang baik pada malam ini !


Setelah beberapa kesaksian di sampaikan, jemaat membentuk kelompok 2-3 orang untuk mendoakan hal-hal yang sudah diusulkan. Di akhir kebaktian, jemaat menyanyikan Lagu Sion nomor 19 ”Yesus Terindah”, kemudian pembicara melayangkan doa penutup.