Tuesday, August 18, 2009

Rapat POPA dan Pengurus Pathfinder

Hari Sabat 8 Agustus 2009, jemaat baru selesai latihan paduan suara. Jam menunjukkan pukul 14:00 siang, ketika Bapak Richard Pelaupessy mengundang semua anggota POPA (Persatuan Orang Tua Pathfinder dan Adventurer) untuk melanjutkan dengan pertemuan POPA dan pengurus Pathfinder & Adventurer. Bapak Viertin Tobing melayangkan doa buka. Agenda pertemuan kali ini ada 2 buah. Bapak Rizal Maringka, pemimpin klub Pathfinder, membacakan agenda pertama yaitu pengesahan laporan keuangan yang digunakan selama Perkemahan Pathfinder Uni Indonesia Kawasan Barat di Coban Rondo, Malang, beberapa waktu yang lalu. Bapak David Tampubolon membacakan rincian pengeluaran dibandingkan dengan budget yang telah disepakati. Dari laporan ini tercatat bahwa pengeluaran actual tidak berbeda jauh dengan apa yang sudah dianggarkan. Semua anggota POPA menerima laporan yang disampaikan.

Bapak Ramlan Sormin, ketua POPA, menanyakan kepada pengurus Pathfinder, kira-kira apa yang dapat menjadi pelajaran bagi Pathfinder dalam perkemahan kali ini yang akan dapat dijadikan perbaikan untuk keikutansertaan di perkemahan berikutnya. Bapak David mengatakan bahwa perkemahan yang diikuti, seperti perkemahan sebelumnya, menuntut kesiapan fisik dan mental setiap anggota Pathfinder. Untuk itu, program-program Pathfinder yang akan dilakukan ke depan akan juga difokuskan untuk terus membina kesiapan anggota Pathfinder untuk acara perkemahan seperti ini. Bapak Agustinus Silalahi, Bapak Mulana Simanjuntak, Bapak Gilbert Sinaga dan Bapak Viertin Tobing, secara bergantian memberikan masukan tentang apa saja yang perlu kita siapkan dan terapkan untuk mendukung persiapan para anggota Pathfinder untuk kegiatan-kegiatan perkemahan seperti ini. Ibu Yunita Wuisan juga memberikan masukan kepada pengurusu Pathfinder tentang program yang dapat ditambahkan untuk memupuk kesiapan anggota Pathfinder. Setiap masukan dicatat dengan baik oleh Bapak Rizal dan Bapak Richard.

Agenda kedua pertemuan adalah membahas program Pathfinder di 5 bulan yang tersisa tahun ini. Bapak Rizal menyampaikan bahwa selama ini memang kelas-kelas sering mengalami hambatan karena adanya acara-acara lain yang berjalan secara paralel. Bersama dengan para Pembina, pengurus Pathfinder telah berkomitmen untuk mengejar ketinggalan yang ada. Kelas-kelas juga akan berjalan lagi secara normal mulai Sabat 8 Agustus ini. Dengan rencana yang telah dibuat, pemimpin Pathfinder dan Adventurer merasa yakin semua kelas dapat selesai pada waktunya di tahun ini. Berita ini disambut baik oleh semua orang tua. Bapak Ramlan menyampaikan harapan kepada semua Pembina untuk hadir dan menjalankan kelas-kelas di setiap kelas Pathfinder dan Adventurer dari pukul 14:30 - 16:00. Sekiranya ada halangan, maka Pembina yang lain diharapkan dapat menggantikannya. Mengakhiri pertemuan POPA dan pengurus Pathfinder & Adventurer Sabat ini, Bapak Ramlan menyampaikan terima kasih kepada semua pengurus yang telah terlibat di perkemahan Pathfinder yang lalu, dan juga berharap agar semua memberi dukungan untuk kelas-kelas agar dapat berjalan dengan baik hingga selesai tahun ini. Bapak Ramlan melayangkan doa tutup di akhir pertemuan.