Friday, June 19, 2009

Pathfinder dan Adventurer - In Action !

“Permisi…!! Selamat pagi …!!!”. Suara anak-anak remaja putra dan putri memecah kesunyian di pagi hari Minggu 14 Juni 2009 yang cerah ini. Wow..., ada apa yaa… ?? Ketika pintu dibuka, terlihat belasan anggota Pathfinder dan Adventurer dengan wajah berseri-seri telah menanti. Mereka didampingi oleh para Pembina yaitu Bapak Rizal Maringka, Bapak David Tampubolon, Ibu Meiske Tampubolon, Fidella Tambunan dan Bapak Lianto Napitupulu. Di hari libur seperti ini biasanya semua sedang ayik menikmati hari libur, kok malahan Pathfinder dan Adventurer sudah melakukan aktifitas pagi ? “Kami datang untuk membantu membersihkan di rumah ini…”, kata mereka memberitahukan maksud kedatangan mereka. Oh ternyata mereka datang untuk membantu membersihkan rumah, mobil, pekarangan dan lain-lain. Sesuai dengan keputusan POPA (Persatuan Orang-tua Pahtfinder dan Adventurer) Kemang Pratama, aktifitas ini dilakukan untuk melibatkan para Pathfinder dalam membiayai perkemahan yang akan mereka ikuti di Malang akhir bulan Juni nanti.

Keluarga pertama yang mereka kunjungi adalah Keluarga Yusak Barnabas. Bang Robert Papudi dan Joel yang menyambut kedatangan prajurit Adventurer dan pathfinder pagi itu. Sesuai dengan rencana, bergegas mereka mengeluarkan mobil untuk dicuci, mengambil ember, sikat, sabun, kain lap, selang air. Dan syuuurrr…..!! Air meluncur deras membasahi mobil. Dengan sigap mereka mengambil sabun, kain, sikat dan mulai membersihkan mobil. Mereka dengan semangat dan ceria melakukan aktifitas ini. Beberapa motor pun mulai dicuci. Sementara Pathfinder putri sibuk membersihkan halaman. Tidak ketinggalan para Pembina turut dalam menyikat ban mobil dan motor, dan memberi semangat semua anggota Pathfinder. “Ayo …! Ban mobilnya disikat yang bersih ya…!!”, seru Bapak Lianto memberi petunjuk sambil ikut membersihkan. Sesekali Bapak David memberi contoh kepada mereka. Tidak terasa pekerjaan yang dilakukan bersama selesai. Robert Papudi tampak senyum puas dengan hasil yang didapat. Saat yang dinantikan tiba…!! Robert mewakili tuan rumah memberikan rasa terima kasih untuk aktifitas pagi ini dengan memberikan sejumlah uang untuk mendukung rencana Pathfinder. Dengan antusias mereka menghitung jumlah yang diperoleh dan hooreee….!!! Mereka bertepuk tangan gembira menyambut pemberian dari keluarga Yusak Barnabas. Sebagai tanda terima kasih mereka menyanyikan sebuah lagu yang disambut dengan meriah.

Setelah berhasil mendapatkan dana dari rumah pertama, pasukan Pathfinder dan Adventurer menjadi semakin semangat. Berikutnya mereka mendatangi kediaman keluarga Ramlan Sormin yang kebetulan letaknya bersebelahan dengan rumah keluarga Yusak Barnabas , sehingga memudahkan anak-anak untuk melanjutkan kegiatan. Bapak Ramlan dan Ibu Evelyn menyambut kedatangan mereka dengan gembira. “Apa nih yang kita bisa bantu di sini om dan tante …?”, tanya mereka dengan cerita. “Wah…banyak yang bisa kalian bantu nih…”, sambut Bapak Ramlan sambil tersenyum. Beberapa tugas diberikan kepada mereka. Dengan sigap remaja putra mengambil ember, sikat, sabun dan kain lap untuk segera membersihkan mobil yang telah diparkir di luar. Pathfinder putri dipimpin oleh Ibu Meiske segera masuk ke dalam rumah. Mereka mengambil sapu membersihkan ruang tamu dan ruang makan. Sari Silalahi dan Fidella Tambunan membersihkan kolam ikan di halaman luar dibantu oleh Ibu Meiske. Sementara Yoan Hutauruk dan Hana Silalahi menyapu di ruang tamu, maka Elsa Tambunan, Kimberly Simanjuntak, Velan Sormin dan Sandy Silalahi menyapu pekarangan rumah. Mereka begitu bersemangat dan penuh keriangan. Di luar, Pathfinder pria sibuk juga mencuci sepeda-sepeda dengan sesekali bercanda riang. Semua yang dikerjakan bisa diselesaikan dengan baik, rumah menjadi bersih, kendaraan yang dicucipun terlihat kinclong sekali. Waktu yang dilalui terasa cepat sekali. Di akhir kegiatan tuan rumah meminta untuk dihibur dengan sebuah lagu, maka semua anak-anak yang datang dengan spontan menyanyikan lagu “Come Go With Me” dengan penuh keceriaan dan semangat.

Sementara itu kelompok Pathfinder yang lain dipimpin oleh Bapak Rizal dan Ibu Gladys Maringka datang ke rumah keluarga Willy Wuisan. Mereka disambut oleh Bapak Willy dan Ibu Yunita yang dengan senyum di pagi hari Minggu ini. “Tante kira-kira apa yang bisa kami kerjakan di rumah ini..?”, demikian anak-anak bertanya dengan wajah semangat. “Waduh kira-kira apa ya?”, tanya Pak Willy. “Bagaimana kalau kami mencuci mobil om dan tante?”, tanya mereka hampir bersamaan. “Oke deh boleh juga nih…”, kata tuan rumah dengan senang. Maka 2 mobil yang terparkir di garasi segera dikeluarkan dan mulailah semua melakukan pekerjaan dengan hati yang gembira. Para Pembina memperhatikan dengan tekun sambil sesekali membantu agar pekerjaan bisa dilakukan dengan hasil yang memuaskan. ‘Bekerja dengan hati yang gembira’ demikianlah yang terlihat dari wajah mereka. Saat kerja mereka usai, keluarga Willy memberikan sejumlah uang sebagai tanda terima kasih. Mereka langsung menghitung hasil yang diperoleh dan …. horeee..!!! Semua bergembira dan bertepuk tangan dengan hasil yang diperoleh. Mereka mengucapkan terima kasih kepada keluarga Willy Wuisan.
Setelah itu mereka segera bergabung dengan kelompok yang ada di rumah keluarga Ramlan Sormin.

Setibanya mereka di rumah keluarga Ramlan, mereka bergabung bersama menyanyikan lagu “Come Go With Me” dengan semangat dan diikuti oleh gerakan yang teratur. Bapak Ramlan dan Ibu Evelyn ikut bergembira menyaksikan semangat para remaja yang walaupun sudah melakukan kerja tetapi tetap bersemangat menyanyi dengan gembira. Turut datang bergabung juga Ibu Corry Pelaupessy, Bapak Agustinus Silalahi dan Ibu Rini Napitupulu. Setelah selesai bernyanyi, Ibu Evelyn mengucapkan terima kasih kepada mereka semua. Dan sejumlah uang untuk membantu mereka pergi berkemah diberikan Ibu Evelyn kepada Daniel Simanjuntak sebagai pimpinan regu kerja kali ini. Daniel menghitung jumlah pemberian dengan semangat…dan…hooreeee…!!! Kembali semua Pathfinder dan Adventurer bertepuk tangan dengan gembira menyambut hasil yang didapat dari hasil kerja mereka. Daniel mengucapkan terima kasih kepada keluarga Ramlan Sormin. Bapak Ramlan menyampaikan agar semua anggota Pathfinder terus bersemangat dan berharap agar perjalanan ke Malang nanti bisa berjalan dengan lancar. Semua anggota Pathfinder, Adventurer dan Pembina telah menyelesaikan tugas mereka pada Minggu pagi yang cerah ini. Doa tutup dilayangkan untuk mengakhiri rangkaian aktifitas pada pagi ini. Wajah berseri dan gembira terpancar di masing-masing anggota Pathfinder dan Adventurer. Mereka senang dengan hasil kerja mereka pagi ini. Sukses buat Pathfinder dan Adventurer Kemang Pratama !