Wednesday, June 17, 2009

Rapat POPA

Pada hari Sabat siang 13 Juni 2009 usai potluck, Persatuan Orang-tua Pathfinder dan Adventurer (POPA) mengadakan pertemuan. Ada beberapa agenda yang dibahas yang terkait dengan rencana mengirim anggota-anggota Pathfinder untuk menghadiri kampore Pathfinder Uni Indonesia Kawasan Barat di Malang. Bapak Ramlan Sormin sebagai Ketua POPA 2009 memimpin jalannya pertemuan di dalam gereja yang dihadiri oleh para orang tua Pahtfinder dan Adventurer. Bapak Ramlan mengundang Ibu Dahlia Hutauruk untuk memimpin doa pembuka. Di awal pertemuan Bapak Rizal Maringka sebagai Direktur Klub Pathfinder menyampaikan beberapa poin yang telah dibahas dan diputuskan di dalam majelis jemaat Sabat lalu sehubungan dengan rencana menghadiri kampore ini. Diantaranya, ada 14 orang Pathfinder yang akan turut dalam kampore ini. Para Pathfinder akan didampingi oleh sejumlah Pembina yang telah rela mengambil waktu cuti untuk menemani mereka.

Bapak Ramlan menyampaikan total yang akan berangkat adalah 25 orang yang terdiri dari Pathfinder dan Pembina. Sesuai rencana, mereka akan berangkat dengan menggunakan beberapa kendaraan pribadi. Semua anggota POPA menyetujui jumlah yang akan berangkat beserta dengan sarana transportasi yang akan digunakan. Total budget yang diperlukan untuk menghadiri kampore disampaikan kepada POPA. Setengah dari budget telah diputuskan oleh majelis untuk ditanggung oleh gereja. Untuk biaya yang akan dibebankan kepada setiap peserta, Bapak Ramlan menyampaikan sebuah usulan seraya mengundang usulan alternatif dari anggota POPA. Ada beberapa usulan dari anggota POPA. Setelah dibahas, maka semua anggota POPA menyepakati bahwa setiap peserta kampore akan dikenakan uang pendaftaran sebesar Rp 125.000, sesuai dengan yang disampaikan oleh Panitia Kampore Uni Indonesia Kawasan Barat. Namun masih ada sejumlah kekurangan biaya yang perlu ditutupi. Bapak Ramlan mengundang anggota POPA untuk memberi usulan untuk menutupi kekurangan ini.

Sebuah usulan disampaikan oleh Ibu Annie Simanjuntak agar anggota Pathfinder mengadakan aktifitas kegiatan dari rumah ke rumah anggota jemaat untuk menutupi kekurangan. Hal ini menjadi sarana untuk mendidik Pathfinder untuk turut berperan aktif dalam membiayai kegiatan kampore ini. Contoh kegiatan antara lain membantu membersihkan rumah, mobil, pekarangan dan lain-lain. Usulan dikuatkan dan didukung oleh semua anggota POPA. Rencananya aktifitas akan diadakan pada hari Minggu yang sisa sebelum tiba hari keberangkatan tanggal 29 Juni mendatang. Pertemuan POPA Sabat itu berakhir dengan menghasilkan beberapa keputusan. Bapak Ramlan mengundang Ibu Gladys Maringka untuk membacakan hasil keputusan rapat. Ibu Gladys membacakan hasil keputusan rapat POPA Sabat ini kepada semua yang hadir. Mengakhiri rapat POPA Sabat ini, Bapak Ramlan menyampaikan terima kasih kepada semua anggota POPA yang telah hadir. Bapak Sontani Purnama, ketua jemaat, melayangkan doa tutup sekaligus mendoakan semua rencana agar berjalan dengan baik.