Monday, July 06, 2009

Hadapi Setiap Masalah !

Ayub 38 : 4, 5 “Di manakah engkau, ketika Aku meletakkan dasar bumi ? Ceritakanlah, kalau engkau mempunyai pengertian! Siapakah yang telah menetapkan ukurannya? Bukankah engkau mengetahuinya? – Atau siapakah yang telah merentangkan tali pengukur kepadanya?”




Kami baru saja menyelesaikan kebaktian gereja saat itu. Cukup terkejut juga ketika keluar dari area parkiran, kami sudah dihadang oleh kemacetan, padahal saat ini adalah hari libur panjang untuk anak-anak sekolah. ”Waduh pa kita lupa ! Kita seharusnya tidak lewat jalan ini”, kata saya menyesal melihat kondisi seperti ini . Memang tadi pagi sudah terlihat iring-iringan rombongan menuju ke daerah Jakarta Pusat, kelihatannya akan terjadi kemacetan luar biasa. Sayangnya kami lupa untuk menghindar dan mencari jalan alternatif. Kini dimana-mana kendaraan beraneka ragam dengan berbagai slogan yang dibawa oleh penumpang mulai dari balita sampai dengan dewasa lanjut usia kelihatan memenuhi jalan. “Wow, kok ramai sekali ya pa ?”, tanya si kecil terheran-heran, “Oh itu namanya kampanye nak,…orang-orang mau berkumpul di satu tempat dan nanti calon presidennya mau bicara.”, jawab suami saya menjelaskan kepada si kecil. Menit ke menit berlalu sampai sekitar satu jam, namun kendaraan sama sekali tidak bergerak! Kami terpaksa menikmati kemacetan ini. Sementara waktu anak-anak gembira melihat pemandangan yang ada “Mama lihat ! Itu ada orang yang rambutnya dibuat huruf nama calon presiden! Keren banget ya mam…”, kata si abang sambil tertawa geli. “Kasihan betul yang jalan kaki. Coba liat itu ada anak yang jatuh ! Mungkin mereka letih ya…”, giliran si sulung yang komentar.

"Kalau begitu, kita parkir saja dulu di gedung terdekat untuk menghindari macet ini.", kata suami saya. Kami lalu memarkir mobil ke salah satu halaman gedung. Tetapi setelah lebih dari dua jam menunggu, tanda-tanda lalu lintas akan normal kembali tidak kunjung tiba. “Coba aku tanya ke petugas keamanan di luar, siapa tahu dia bisa memberikan anjuran. Hal seperti ini kan sudah biasa terjadi di jalan ini.”, kata suami saya sambil keluar dari mobil. “Sebaiknya bapak ikuti saja kemacetan ini sekarang, karena kondisinya akan semakin parah menjelang sore. Biasanya sekitar jam 6 sore nanti massa baru bubar pulang. Jadi jalanan bisa semakin macet nanti pak!“, kata petugas keamanan yang ditemui memberi anjuran. “Ayo, kita lanjutkan perjalanan sekarang!”, kata suami kepada kami sambil mulai membawa mobil keluar dari area parkiran. Beberapa menit berlalu, kendaraan bergerak pelan sekali. Tetapi kami bisa terus bergerak maju sambil melihat-lihat ke depan. ”Papa pelan-pelan ambil ke jalur kanan deh…, kelihatannya yang di jalur kanan bergerak agak lancar!”, kata si sulung menganjurkan. Ternyata benar, di sebelah kanan ada polisi yang mengatur agar kita bisa terlepas dari iring-iringan panjang mobil peserta kampanye. Dan jalan yang terbentang di depan sangat lancar. “Wah, kita pikir tadi kemacetan ini panjang sekali ya, ternyata hanya terjadi di sebelah kiri jalan saja. Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di depan kita ya.”, kata suami saya lega karena terbebas dari kemacetan.

Di dalam ayat renungan kita pada hari ini, Tuhan menunjukkan bahwa kita adalah manusia yang memiliki keterbatasan dalam pengetahuan. Tetapi sebaliknya, kita memiliki Tuhan Yang Maha Tahu. Dia merencanakan semua pada saat penciptaan dengan baik dan teratur untuk kebaikan kita semua. Kita memiliki keterbatasan dan tidak tahu apa yang ada di hadapan kita. Apa yang kita hadapi saat ini mungkin bukan jalan hidup yang mudah, berhadapan dengan tantangan dan masalah. Terkadang kita tergoda untuk undur dan menghindar dari masalah, gantinya kita menghadapi masalah. Tuhan memiliki rencana baik bagi setiap pergumulan yang kita hadapi. Ada berkat yang Tuhan sediakan di ujung setiap permasalahan, yang kita tidak ketahui karena keterbatasan kita. Mata kita yang terbatas melihat kesulitan sebagai masalah besar saat ini, tapi Tuhan Yang Maha Tahu akan menunjukkan bahwa kesulitan saat ini menuntun kepada berkat yang besar di depan kita. Mari kita hadapi setiap masalah bersama Tuhan.

Have a nice day !

Bagikan Roti Pagi ini kepada sahabat anda dengan gunakan tombol "Tell A Friend" di bawah ini.