Sunday, July 05, 2009

Pemberkatan Nikah Dolvi Dan Yudith

Hari Minggu 21 Juni 2009, jam hampir menunjukkan pukul 14:00. Anak-anak, remaja, pemuda-pemudi dan orang tua dengan wajah berbahagia telah datang di Gereja Kemang Pratama. Hari ini mereka menghadiri upacara pemberkatan nikah dari Dolvi Tambunan dan Yudith Puspita Sari. Karen, Alice dan beberapa anak putri yang akan menjadi penabur bunga tersenyum manis. Sementara Dave yang akan membunyikan lonceng duduk menantikan acara dimulai. Tiga pasang pengiring pengantin, sepasang candle lighter, pendamping mempelai pria dan pendamping mempelai wanita tengah bersia-siap. Tamu-tamu mulai berdatangan, saling bersalaman dan mulai duduk di gereja. Pukul 14:30, Bapak Richard Pelaupessy sebagai Master of Ceremony mengundang hadirin untuk bersiap memasuki jalannya upacara pemberkatan nikah. Doa buka dilayangkan dan lagu istimewa pembuka dinyanyikan oleh keluarga besar pengantin pria.

Bapak dan Ibu R.S. Tambunan diiringi oleh Reynaldo Simbolon melangkah duduk di bangku depan. Dave membunyikan lonceng sebagai tanda acara dimulai. Perlahan Malvin dan Felicia maju berjalan dan menyalakan setiap lilin yang ada di depan altar. Pendeta R.Y. Hutauruk, dan mempelai pria Dolvi dan Reynaldo memasuki altar. Semua berjalan dengan baik dan tiba saatnya hadirin menyambut mempelai wanita Yudith bersama Ibu Etty Sukaryati dan Bapak Sukardjito yang mendampinginya. Di depan Dolvi menyambut Yudith dengan bunga tangan mawar yang indah berwarna merah. Ibu Debby Napitupulu menyanyikan “Walk Hand In Hand” mengiringi kedua mempelai yang maju perlahan ke altar. Pendeta Hutauruk menyampaikan firman pemberkatan. Kepada Dolvi dan Yudith dipesankan agar mereka menjadikan Yesus sebagai pemimpin dan yang terutama di dalam rumah tangga mereka, maka kebahagiaan dan berkat sukacita akan selalu mengisi perjalanan rumah tangga mereka. Doa pemberkatan dilayangkan oleh Pendeta Hutauruk.

“The Lord’s Prayer” yang dinyanyikan dengan merdu oleh Jacob Sinaga menandakan akhir dari doa Pendeta Hutauruk bagi kedua mempelai. Ibu Etty dan Ibu S. Tambunan perlahan berjalan ke altar untuk menyalakan lilin di depan. Natalia Tampubolon dan Juan berduet menyanyikan lagu “The Prayer” yang menyatakan harapan agar rumah tangga Dolvi dan Yudith dipenuhi dengan berkat sukacita dari Tuhan. Dengan wajah penuh kebahagiaan, Dolvi dan Yudith menyalakan lilin utama. Pendeta Hutauruk mengundang Dolvi untuk memberikan ciuman kepada Yudith yang telah resmi menjadi istri. Dan pasangan keluarga yang baru diperkenalkan kepada semua hadirin yang membalas dengan ucapan “Amin..!”.

Sertifikat pemberkatan nikah dari Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh ditanda-tangani oleh kedua mempelai, Pendeta Hutauruk dengan saksi dari kedua mempelai. Trio Threes Tampubolon menyanyikan lagu “Terima Kasih Ayah dan Ibu” saat Dolvi dan Yudith menghampiri orang tua mereka secara bergantian untuk mengucap terima kasih dan memohon doa bagi rumah tangga yang baru. Titik air mata sukacita tidak dapat tertahankan menetes dari mata mempelai, orang tua, penyanyi, dan yang hadir. Sebuah lagu dari Jemaat Taman Mini dinyanyikan sebagai doa dan harapan bagi rumah tangga yang baru. Kedua mempelai diiringi oleh Pendeta Hutauruk, dan semua partisipan satu per satu melangkah meninggalkan altar.