Saturday, July 18, 2009

Pemenang Mahkota Kebenaran

2 Timotius 4:8 “Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya.”





Pada waktu itu di satu gereja berencana untuk mengadakan acara perlombaan bagi anak-anak untuk menampilkan telentanya masing-masing. Panitia pun dibentuk, dewan juri dipilih, cara penilaian disepakati, hingga jumlah piala yang akan dianugerahkan kepada yang terpilih.”Ibu-ibu, untuk lomba ini kita akan menentukan juara satu hingga juara ke-tiga. Jadi akan ada tiga buah piala yang akan kita siapkan untuk anak-anak kita. Bagaimana pendapat dari ibu-ibu semua ?”, tanya ketua panitia di salah satu pertemuan kepada para orang tua. ”Sebaiknya kita tidak perlu menilai penampilan setiap anak dan menentukan juara satu sampai tiga. Karena nanti akan banyak anak-anak yang kecewa.”, usul salah seorang ibu yang duduk di belakang.

“Saya setuju, karena di acara tahun yang lalu ada ada beberapa anak yang kecewa karena tidak mendapat piala.”, seorang ibu yang lain menambahkan. “Jadi sebaiknya setiap anak yang mengambil bagian dalam acara mendapatkan sebuah piala, supaya tidak ada anak-anak yang kecewa. Dan ini adalah bentuk penghargaan untuk usaha yang mereka lakukan dan talenta baik yang mereka telah tunjukkan. Ini akan membuat mereka bersemangat untuk mengembangkan talenta mereka lagi.”, sambung ibu yang lain yang diikuti anggukan setuju ibu-ibu yang hadir. Di akhir pertemuan, akhirnya diputuskan untuk memberikan piala bagi semua anak-anak yang mengambil bagian dalam acara ini supaya mereka tidak kecewa. “Kalau begitu, judul acaranya kita ganti menjadi festival talenta anak-anak saja ya.”, kata salah satu anggota panitia mengusulkan yang disetujui oleh semua yang hadir.

Ayat renungan di pagi yang indah ini mengatakan bahwa Tuhan menyediakan mahkota bagi semua yang setia menanti dan rindu menyambut kedatangan Yesus yang kedua kali. Setiap orang yang mengikuti suatu perlombaan akan berharap menjadi juara dan mendapatkan piala. Di dalam perlombaan yang diselenggarakan, banyak peserta yang kecewa karena gagal menjadi juara. Hanya yang terbaik yang akan mendapatkan piala penghargaan lomba. Sebaliknya, Allah memberikan kesempatan yang sama kepada semua orang untuk berlomba tetap setia kepada-Nya hingga Yesus datang kembali. Perlombaan iman di dunia ini sarat dengan tantangan dan godaan yang siap menggagalkan manusia untuk sampai di garis akhir. Namun semua yang tiba di garis akhir akan menjadi pemenang. Allah sudah mempersiapkan mahkota kebenaran bagi mereka yang tiba di hari yang penuh kebahagiaan, saat Yesus dan mengajak semua yang setia untuk masuk dalam kerajaan-Nya. Marilah kita menjadi pemenang mahkota kebenaran Tuhan.

May we receive His abundant blessings today !