Tuesday, July 28, 2009

Perkemahan Pathfinder (Bag. 4): Study Tour & Kelas Kepahaman

Hari Kamis 2 Juli, udara yang dingin menyergap di sekitar area Kampore Pathfinder di Coban Rondo, Malang. Sambil merapatkan jaket dan sweater tebal, kami bangun dan segera bergabung untuk renungan pagi bersama. Setelah mandi pagi dan sarapan, kami kembali bersiap-siap untuk mengikuti kegiatan study tour. Pukul 9:00 pagi kami menuju ke lapangan utama dan berjalan selama lebih dari 15 menit ke menuju pemukiman penduduk yang rata- rata memelihara sapi sebagai mata pencahariannya. Kami masuk ke sebuah peternakan sapi. Di sana disambut oleh salah seorang pengelola peternakan yang memberi penjelasan proses pemeliharaan sapi hingga sampai sapi siap untuk diperah. Sambil mendengarkan keterangan, kami sempat memberi makan beberapa sapi di sana. Kami sangat senang melihat peternakan tersebut dan ini merupakan pengalaman yang berkesan. Selain pengetahuan ilmiah yang kami dapatkan, kami juga menikmati kesegaran alam yang menghampar di sekitar perumahan penduduk ini.

Pukul 13:00 kami kembali ke tenda. Setiba di tenda, beberapa teman kami yaitu Daniel Simanjuntak dan Friska Hutauruk merasa kurang sehat dan harus tinggal di dalam tenda.
Kami menikmati makan siang bersama dengan Pembina di tenda kami. Semua lahap setelah mengikuti acara pagi yang menyenangkan. Usai makan siang, kami harus kembali mengikuti pelbagai kegiatan kelas kepahaman seperti komunikasi radio tingkat lanjut, perbintangan, fotografi, screen printing, Basic Rescue, Christian Citizenship, CPR, dan lain-lain. Kami pun berbagi kelas, agar dapat mengikuti sebanyak mungkin materi pelajaran yang sangat baik ini. Kelas kepahaman yang diadakan sangat menarik. Kakak Pembina yang memberikan pelajaran menerangkan dengan gaya yang segar dan semua Pathfinder mengikuti kelas dengan seksama. Sesekali kami bertanya bila ada sesuatu yang perlu mendapat penjelasan lebih lanjut. Kami semua senang mengikuti kelas-kelas ini. Selain mendapat ilmu, kami juga dapat berkenalan dengan teman-teman baru dari daerah-daerah lain.

Kelas-kelas kepahaman selesai pukul 5:00 sore, kami kembali ke tenda masing-masing. Tiba di tenda, kami beristirahat sebentar lalu mandi sore. Wah…, perut sudah terasa lapar sekali setelah kegiatan sepanjang hari yang cukup sibuk. Kami bersama menyiapkan perlengkapan makan dan makan malam yang nikmat siap untuk disantap. Semua makan dengan lahap. Usai makan, kami mencuci piring, sendok dan gelas. Semua ditaruh kembali ke tempat semula dengan rapih. Seperti malam-malam sebelumnya, kami mengikuti perbaktian malam. Sementara Daniel dan Friska sedang dirawat di posko kesehatan. Kita berdoa bagi kesembuhan sahabat kami ini. Hari ini kegiatan cukup padat, dan kami merasa cukup lelah. Begitu berada di dalam tenda, kami langsung tidur pulas. Good night semua…! Besok kita lanjutkan ceritanya ya…!