Wednesday, July 29, 2009

Perkemahan Pathfinder (Bag. 5): Selamat Tinggal Coban Rondo !

Matahari belum lagi menampakkan dirinya di area Kampore Pathfinder di Coban Rondo, saat kami terbangun di hari Jumat 3 Juli 2009 ini. Di sekitar tenda gereja Kemang Pratama sudah mulai ramai. Bermodalkan jaket yang hangat, kami bangkit untuk mengikuti renungan pagi. Udara dingin yang menusuk tidak kami rasakan, karena kehangatan firman Tuhan dan lagu pujian yang kami nyanyikan di pagi itu. Sungguh pagi yang indah bagi semua peserta ! Usai renungan pagi, kami bergegas untuk mandi dan sarapan pagi. Makanan yang hangat kami santap dengan lahap. Rasanya enak sekali dan memberikan kesegaran untuk kami memulai kegiatan hari ini. Acara hari ini telah menanti. Kami bersiap-siap untuk mengikuti track and trail. Kami tergabung dengan Pathfinder dari jemaat Kiwi. Di kelompok kami ada 20 orang, termasuk dua orang Pembina.

Kami harus mengikuti petunjuk yang diberikan di sepanjang jalan. Terkadang bingung harus mengambil arah jalan yang mana. Kami menebak-nebak apakah sesuatu yang kami temukan di jalan adalah petunjuk yang benar atau hanya perkiraan kami saja. Hehehe....ada juga yang kami kira petunjuk, ternyata bukan yang dibuat oleh panitia. Semua kami mengikuti dengan penuh kerja sama dan gembira. Satu per satu pos dapat kami lalui dengan baik. Dan kami tiba di garis akhir dengan baik. Hari sudah siang, kami pun bergegas kembali ke tenda untuk makan siang dan beristirahat. Di sore hari kami bersiap-siap untuk memasuki hari Sabat.

Hari Sabat 4 Juli, kami semua bersiap untuk mengikuti kebaktian bersama di tempat utama yang telah disiapkan panitia. Kami dipenuhi dengan sukacita karena dua sahabat kami akan menerima baptisan suci. Raissa Maringka dan Timotius Tambunan telah memutuskan untuk menerima Yesus melalui baptisan suci. Janji baptisan diucapkan Raissa dan Timotius bersama dengan seorang sahabat yang lain yang turut dibaptiskan. Kemudian mereka melangkah ke kolam baptisan yang telah dibuat oleh panitia. Kami bernyanyi dengan sukacita mengiringi ketiga orang sahabat kami. Satu per satu mereka diselamkan dan diangkat keluar dari air. Tampak wajah sukacita karena mereka telah menerima Yesus sebagai Juruselamat mereka.

Hari Sabat ini kami mendengarkan firman yang sangat baik dan bersemangat dari Pendeta H.I . Missah, Wakil Direktur Pemuda Advent General Conference. Pendeta Missah mengajak kita semua Pathfinder untuk menjadi pemuda-pemudi yang tidak gentar untuk berdiri teguh di dalam kebenaran Tuhan. Banyak tantangan yang akan dihadapi, namun bila kita bersama dengan Tuhan dan bergantung kepada-Nya, kita akan sanggup untuk tetap berdiri setia hingga Yesus datang. Sesuai tema kampore “Courage To Stand”, Pendeta Missah mendorong semua Pathfinder untuk tetap berani berdiri teguh di dalam Yesus. Firman yang penuh berkat telah memberikan semangat kepada semua peserta Kampore Pathfinder di Coban Rondo Malang ini. Puji Tuhan !

Seluruh rangkaian Kampore Pathfinder Uni Indonesia Kawasan Barat berakhir dengan acara api unggun pada malam Minggu. Semua bersukacita dengan kesempatan mengikuti kampore yang penuh makna dan kenangan indah. Minggu pagi kami semua berkemas-kemas, membereskan tenda dan barang-barang bawaan. Semua dimasukkan dengan rapih ke dalam mobil. Kami berdoa bersama sebelum meninggalkan area Kampore Coban Rondo. Satu per satu mobil berangkat meninggalkan tempat yang telah kami gunakan beberapa hari ini untuk menimba pengalaman, bersahabat, dan memperoleh pengetahuan. Selamat tinggal Coban Rondo ! Sampai jumpa di kampore berikutnya !