Sunday, July 19, 2009

Lepaskan Kekhawatiranmu !

1 Petrus 5:7 “Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.”









Ketika kami baru menikah, hampir setiap bulan kami pulang ke kota kelahiran kami. Selain mengunjungi orang tua yang tinggal di sana, kami juga menikmatinya sebagai wisata keluarga. Ketika itu, suami saya belum begitu lancar mengendarai mobil. Karena belum lama belajar mengemudi, dia masih sangat hati-hati mengendarainya. Tidak heran perjalanan terasa lebih panjang karena mobil melaju dengan kecepatan yang rendah. “Mama tidur saja kalau sudah ngantuk.”, kata suami saya ketika melihat saya menguap beberapa kali. “Enggak ngantuk kok pa…, lagi pula mama kan bisa bantu papa untuk melihat keadaan jalan di depan mobil kita”, jawab saya kepadanya. “Nggak apa-apa kok, mama tidak perlu khawatir. Papa pasti akan berhati-hati”, jawabnya memberi jaminan pada saya. “Awas pa ! Di depan ada orang yang mau menyebrang tuh!”, kata saya memberi peringatan. “Iya, papa tahu. Kan kelihatan dari sini”, jawabnya tenang. Tidak berapa lama kembali saya mengingatkan “Pa, awas di depan ada lubang! Injak remnya!”, teriak saya terkejut. “Aduh mama ini…, masa lubang sebesar itu tidak papa lihat? Sudah deh mama tenang saja, jangan khawatir. Papa akan hati-hati kok.”, jawabnya dengan santai.

Seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya suami saya sudah lebih baik dan mahir dalam mengendarai mobil. “Wah sekarang mama kok sudah tidak jadi asisten lagi ? Dulu mama rajin bantu papa selama dalam perjalanan, kasih aba-aba kalau ada yang berbahaya...hehehe...”, katanya menggoda saya sambil tertawa. “Papa kan sudah pandai nyetirnya, berarti saatnya mama pensiun dari tugas dan menikmati pemandangan selama dalam perjalanan.”, jawab saya sambil tersenyum. “Iya deh...papa ngerti kok!”, katanya sambil tertawa kecil. Setelah suami saya pandai mengemudi mobil, terasa sekali perjalanan begitu menyenangkan. Kami tidak perlu lagi khawatir, kami bisa menikmati perjalanan dengan tenang.

Di dalam ayat renungan di pagi hari yang cerah ini Allah meminta kita untuk menyerahkan segala kekhawatiran kita kepada-Nya, sebab Dia akan memelihara kita. Dalam menghadapi aktifitas sehari-hari, kita menemui banyak peristiwa kehidupan. Kita ingin agar semuanya boleh berjalan seperti apa yang kita pikirkan dan inginkan. Kita membebani pikiran kita dengan hal-hal yang berada di luar kendali dan kesanggupan kita. Ini membuat kita menjadi khawatir dan terbeban dalam menjalani kehidupan. Tuhan menawarkan jalan keluar bagi kita. Tuhan mengingatkan bahwa Dia yang mengendalikan semua peristiwa di dalam hidup ini. Tuhan akan memelihara kita di setiap langkah yang kita lalui. Bila kita percayakan semua dalam pengendalian Tuhan, kita akan terlepas dari beban kehawatiran kita. Mari kita nikmati hidup yang Tuhan telah karuniakan kepada kita setiap hari. Tuhan akan memelihara kita selalu.

Have a great long break !