Wednesday, January 25, 2012

HADIRATNYA MENYELAMATKAN


LAPORAN DORONGAN PELAYANAN PERORANGAN

SABAT, 21 JANUARI 2012



Dorongan Pelayanan Perorangan (PP) pada hari Sabat 21 Januari 2012 dibawakan oleh bapak David Tampubolon, salah satu ketua jemaat Kemang Pratama.


Bapak Tampubolon mengawali dorongan PP dengan membaca ayat Alkitab dalam Matius 5:13, 14 yang berbunyi: “Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang. Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.”

Di jemaat Kemang Pratama usia anggota bervariasi dari 1 sampai 80 tahun lebih. Bagaimana kehadiran kita di lingkungan kita, di tetangga? Apakah kehadiran kita diketahui lingkungan kita, tetangga kita?

Bapak David memberikan ilustrasi 2 orang artis, laki-laki dan perempuan yang berkunjung ke suku Anak Dalam, Jambi. Mereka harus melalui jalan yang berlumpur dan terjal. Mula-mula artis wanita mengunjungi kaum wanita suku Anak Dalam, mencoba berkomunikasi tapi kelihatannya kurang berterima. Kemudian artis pria mengunjungi kaum pria suku Anak Dalam, hal yang sama terjadi juga. Kemudian mereka berdiskusi dan berencana untuk memakai pakaian sesuai dengan cara berpakaian suku Anak Dalam tersebut, yang laki-laki pakai cawat dan yang wanita pakai sarung. Kemudian mereka coba menemui suku Anak Dalam lagi, dan kali ini mereka diterima dengan baik.

Kemudian ilustrasi kedua, satu keluarga pergi ke Arizona, meninggalkan kebiasaan di kota dan menggunakan pola hidup sederhana di suku Pabanyo. Kelly memberikan pelajaran masak-memasak. Rumah mereka yang kecil dan tradisional digunakan menjadi tempat perbaktian. Karena banyak yang hadir, rumah mereka terasa kecil dan sempit, kemudian suku Pabanyo sendiri membantu membangun rumah yang lebih besar buat Kelly dan Ellen.

Apakah rumah tangga kita sudah menjadi pusat pelayanan buat sesama kita? Sebagai jemaat, gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Kemang Pratama memberikan pelajaran bahasa Inggris di desa sekitar. Mari kita ikut berpartisipasi dalam pelayanan ini.

Kiranya Tuhan memberkati dan memberikan kesanggupan kepada masing masing kita untuk melakukan pekerjaan pelayanan. Terima kasih.


-JS-