Saturday, January 28, 2012

OPERATION GLOBAL RAIN

Doa Bersama Memasuki Malam Terakhir


Jumat malam 27 Januari 2012 terasa sejuk di Perumahan Kemang Pratama. Udara dingin berusaha menelisik ke dalam tubuh Di langit sebelah Barat, bulan sabit bersinar agak redup. Tetapi cuaca cukup cerah. Sepanjang hari ini jalanan di Jakarta, Bekasi, Cikarang macet total. Demo buruh berlangsung seharian. Banyak anggota jemaat Kemang Pratama yang terjebak macet hingga cukup larut malam ini. Namun anggota jemaat yang telah tiba di rumah, bergegas untuk hadir di gereja. Jam menunjukkan pukul 19:55 saat acara Doa Bersama di malam ke-10 ini dimulai. Bapak Mulana Simanjuntak sebagai Prayer Leader memimpin di mimbar. Doa buka dilayangkan oleh Didin.


Tema Doa Bersama malam terakhir ini adalah “Rasa Syukur Yang Menggembirakan”. Renungan dibawakan oleh gembala jemaat Pendeta Sonny Kapitan. “Tuhan mau agar kita mengangkat rasa syukur kepada Tuhan bila kita memasuki pelataran-Nya. Tuhan ingin kita bersyukur di dalam kaabah-Nya,” ucap Pendeta Sonny memulai renungan dengan membuka Mazmur 100 : 4. “Kita acap lupa untuk bersyukur Sepatutnya kita tidak hanya meminta kepada Tuhan. Kita juga patut bersyukur dan memuji Dia untuk semua yang kita telah peroleh.” lanjut Pendeta Sonny kepada jemaat yang mendengarkan dengan tekun. “Raja Daud selalu bersyukur kepada Tuhan karena keadilan-Nya dan bermazmur bagi nama Tuhan yang Maha Tinggi. Bermazmur adalah menyanyi dan memuji Tuhan. Ini perlu kita lakukan selalu,” kata Pendeta Sonny seraya mengutip Mazmur 7 : 18. Di akhir renungan singkat 10 menit ini, Pendeta Sonny menyimpulkan bahwa iblis berusaha menghalau kita saat kita mau memuji Allah. Kita harus tetap mengangkat pujian bagi Allah, karena dengan memuji Allah maka kita akan mengalahkan musuh jahat itu dan kita akan memperoleh kemenangan.

Jemaat berpisah ke dalam kelompok-kelompok kecil untuk bersekutu bersama dalam doa.
Bapak Mulana memandu di depan. Pokok-pokok doa yang akan didoakan dalam persekutuan Doa Bersama malam terakhir ini adalah : memohon kecurahan Roh Kudus untuk menuntun

jemaat Kemang Pratama di dalam pelayanan kepada Tuhan, agar Roh Kudus memimpin langkah setiap anggota jemaat untuk melaksanakan tugas pelayanan dalam roh persatuan. Kita juga mendoakan yang dalam pemulihan kesehatan yaitu Bapak Erie dan Ibu Surbakti, mendoakan rencana operasi dari Ibu Rachel Hasyim dan Bapak Sontani Purnama. Kita bawakan dalam doa keluarga Tina Wira agar anak-anak dan cucu-cucu boleh menerima kebenaran, mendoakan anak-anak ibu Etty Sukaryati. Kita berdoa bagi keluarga Riwayat Peranginangin yang merindukan kehadiran keturunan dalam rumah tangga. Tak lupa kita sisipkan dalam doa satu rumah tangga yang tengah mengalami pergumulan. Mendoakan bagi keluarga yang membutuhkan pekerjaan dan berdoa untuk setiap keluarga di jemaat Kemang Pratama.

Tiap-tiap anggota dalam kelompok kecil bergantian mengucapkan 4 bagian doa
yaitu, pujian, pengakuan dosa, bersyukur
dan permohonan. Di akhir dari tiap bagian, Prayer Leader menyanyikan satu ayat dari Lagu Sion yang diikuti oleh semua kelompok. Satu ayat dari alkitab dikutip dan disambung dengan doa singkat oleh Bapak Mulana. Di akhir bagian permohonan, lagu "Kepada Allah Bri Puji" dinyanyikan bersama. Pendeta Sonny Kapitan menutup kebaktian Doa Bersama dengan doa berkat.

Puji syukur kepada Tuhan yang telah memimpin jemaat Kemang Pratama
selama 10 malam berturut-turut mulai tanggal 18 Januari 2012 hingga malam ini. Jemaat merasakan berkat sukacita dari malam ke malam bersekutu bersama dengan penuh kasih persaudaraan, menyembah Tuhan, berdoa dan melayangkan permohonan agar Roh Kudus tercurah kepada semua anggota jemaat. Puji Tuhan untuk persekutuan yang indah di dalam Operation Global Rain, Doa Bersama 10 hari, yang penuh berkat. Roh Kudus kiranya memimpin setiap langkah pelayanan dan kehidupan kita dari sekarang hingga Maranatha. Amin !

- goodnews -