Tuesday, January 10, 2012

"Kabar Baik Di Zaman Kesusahan"

Kebaktian Sabat, 07 Januari 2011


K
ebaktian Sabat ini sebagai pianis jam kebaktian khotbah yaitu Stella Simanjuntak dengan korister oleh ibu Debby Simanjuntak. Bacaan ayat bersahutan dibacakan oleh bapak Munas Tambunan dan Jemaat,
dilanjutkan dengan nyanyian pembukaan lagu sion nomor 146 “ Brilah Padaku Alkitab Yang suci “, dan Doa syafaat disampaikan oleh bapak Jeff Eman. Bacaan persembahan dibawakan oleh bapak Viertin Tobing dilanjutkan dengan pemungutan persembahan oleh diakon dan ditutup dengan doa. Kemudian sebuah nyanyian dibawakan oleh Orang Muda Kemang untuk mengiringi Khotbah. Cerita anak-anak dibawakan oleh Ibu Pdt. Havelaar dan semua anak-anak maju ke depan untuk mendengarkan cerita yang menarik.

"Kabar Baik Di Zaman Kesusahan"

Pengkhotbah oleh : Pdt. Jimmy Havelaar - Direktur Kesehatan UIKB


Allah Bersabda sabat ini melalui Firman Tuhan dengan ayat inti yang diambil dari 2 Raja-raja 7 : 9, dimana firman Tuhan pada Sabat ini menekankan tiga hal penting yang harus dihadapi dan dilakukan oleh umat-umat Tuhan pada masa ini yakni, pertama, menghadapi krisis-kelaparan di Samaria, kedua, sikap yang diambil, dan yang ketiga, bagikan makanan. Metode setan sekarang ini yakni, dengan cara mengepung manusia dengan segala macam cara sehingga terjadilah kelaparan akan Firman Tuhan, namun tidaklah terjadi kebangunan Rohani kepada umat-umat Tuhan oleh karena manusia lapar akan Firman Tuhan dan sering tergoncang imannya oleh karena tidak menggunakan Buku Alkitab sebagai sumber imannya tetapi menggantikannya dengan banyak media komunikasi yang ada sekarang ini. Namun sesungguhnya dengan mempelajari dan membagikan akan Firman Tuhan akan dapat menguatkan serta menumbuhkan iman kerohanian umat-umat Tuhan di zaman kesusahan, bahkan umat-Nya akan dibentuk sesuai dengan tabiat Kristus. Dan himbauan, marilah kita membentengi diri dengan Firman Tuhan yang kita baca minimal satu jam setiap hari sehingga kita tetap dapat berdiri teguh didalam iman kepada Yesus Kristus dan Gereja akan dapat maju didalam kesuciannya. Carilah harta yang terpendam didalam Firman Tuhan dan bagikanlah itu juga kepada orang lain karena ini adalah waktunya untuk bekerja bagi Tuhan.

Untuk meng-aminkan firman Tuhan yang baru disampaikan, Jemaat menyanyikan lagu sion nomor 168 “Ada Crita Kami Mau Critakan“ sebagai lagu penutup dan doa berkat oleh Pdt. Jimmy Havelaar. Selesai kebaktian, jemaat dan juga para tamu yang hadir diundang potlak bersama dan juga mengikuti acara penghiburan keluarga Pdt. S. Saragih pada pukul 16.00 Wib. dilanjutkan dengan acara Pemuda Advent. Semoga menjadi berkat bagi Kita semua. Amin.


-Mei-