Friday, January 20, 2012

OPERATION GLOBAL RAIN


Malam Kedua Doa Bersama 10 Hari
"Doa Syafaat Yang Sungguh-sungguh untuk kecurahan Roh Kudus"

Cuaca di luar cukup bersahabat, cerah dan tidak berawan. Sesekali hembusan angin terasa menyejukkan saat kami melangkah memasuki gerbang Gereja Kemang Pratama. Sedikit lewat dari pukul 19:30 di hari Kamis 19 Januari 2012. Ini malam kedua jemaat Kemang Pratama mengadakan Doa Bersama 10 hari. Memang jalan-jalan di Jakarta dan sekitarnya cukup padat Tetapi tidak mengurangi semangat anggota-anggota jemaat yang hadir pada malam ini untuk bersekutu bersama dalam doa. Malam ini Bapak Jeff Eman, ketua jemaat, sebagai Prayer Leader membuka acara kebaktian. Doa buka dilayangkan oleh Bapak Karman. Renungan singkat malam kedua Doa Bersama 10 hari ini disampaikan oleh Pendeta Sonny Kapitan. Kalau malam kemarin kita bicara tentang kenapa perlu berdoa bagi hujan akhir, maka topik malam ini adalah "Doa Syafaat Yang Sungguh-sungguh".

"Tuhan mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta kepada-Nya menurut kehendak-Nya," ucap Pendeta Sonny mengutip ayat dari 1 Yohanes 5:14 di awal renungan. "Roh Kudus berdoa untuk kita kepada Allah. Puji Tuhan ! Roh Kudus mendoakan kita masing-masing," lanjut Pendeta Sonny sambil membuka kitab Roma 8:26, 27. "Tuhan berjanji untuk memberikan hujan awal dan hujan akhir kepada kita. Roh Kudus akan dicurahkan pada kita. Itu sebabnya kita perlu doa syafaat yang sungguh-sungguh. Doa syafaat yang kita layangkan dalam bentuk penyembahan, pengakuan, pujian syukur dan permohonan doa. Kita mohon agar Roh Kudus dicurahkan kepada kita agar kita boleh hidup sesuai dengan kehendak Tuhan," jelas Pendeta Sonny sambil menutup renungan singkat selama 10 menit

Setelah renungan, jemaat berpisah dalam kelompok-kelompok kecil terdiri dari 5 orang. Bapak Jeff Eman sebagai Prayer Leader memandu di depan mimbar sambil didampingi Song Leader Bapak Mulana Simanjuntak. Ada pun pokok-pokok doa yang akan didoakan dalam permohonan malam ini adalah : mendoakan kuasa Roh Kudus agar memenuhi dan mengendalikan hidup kita agar hidup kita diubahkan sesuai kehendak Yesus, mendoakan anggota jemaat yang belum sempat datang di dalam kebaktian Doa Bersama, mendoakan cucu-cucu dan anak-anak oma Tina agar masuk dalam kebenaran, memohon kekuatan bagi rumah tangga yang tengah bergumul, berdoa untuk keluarga Riwayat Peranginangin-abang dari Bapak Chandra Peranginangin- yang telah 5 tahun berumah tangga agar diberikan keturunan oleh Tuhan, bersyukur karena keluarga Erhart Tobing dan keluarga Donny Ham yang menyambut kehadiran seorang anak dalam rumah tangga, dan berdoa bagi kepulihan Bapak Erie.

Tiap-tiap anggota dalam kelompok kecil bergantian mengucapkan doa yang dibagi dalam 4 bagian. Di akhir dari tiap bagian, Song Leader Bapak Mulana menyanyikan satu ayat dari Lagu Sion yang diikuti oleh semua kelompok. Prayer Leader Bapak Jeff membacakan satu kutipan ayat dan disambung dengan doa singkat. Setelah itu tiap kelompok kembali memasuki bagian doa yang berikutnya Di akhir bagian permohonan, lagu "Kepada Allah Bri Puji" dinyanyikan bersama. Pendeta Sonny Kapitan menutup kebaktian Doa Bersama malam ini dengan doa berkat. Jemaat saling bersalaman satu dengan yang lain. Terlihat wajah penuh sukacita dan berkat di setiap anggota jemaat yang hadir. Puji Tuhan untuk persekutuan yang indah yang kita nikmati dalam Doa Bersama di malam kedua ini. Sampai jumpa di malam besok !

- goodnews -