Sunday, January 22, 2012

OPERATION GLOBAL RAIN

Doa Bersama 10 hari

Tema hari ke-5:Pengakuan yang Kudus


Hari k
e-5 minggu sembahyang 10 hari kali ini dilakukan pada siang hari bukan tanpa alasan. Hari minggu tanggal 22 Jan 2012 merupakan hari yang cukup padat bagi gereja Kemang Pratama, diawali dengan Rapat Kerja Majelis tahun 2012 pagi pukul 8.00 Wib, kemudian disusul dengan Kebaktian Rumah Tangga pukul 12.30 WIB, dan diakhiri dengan Minggu Sembahyang 10 hari pukul 14.15 WIB.

Siang itu cukup terik, beberapa anggota jemaat masih terlihat kekenyangan setelah menikmati makanan jasmani dalam acara kebaktian Rumah Tangga, akan tetapi mereka tetap setia mengikuti rangkaian acara selanjutnya , yaitu Minggu Sembahyang 10 hari. Acara di mulai tepat pukul 14.15 WIB, sebagai pembawa acara adalah Bp. Pdt. HM Siagian.
Lagu sion No. 87 - “ Kuperlu PadaMu Tuhan” menjadi lagu pembukaan. Sebuah lagu special “Doa mengubah segala sesuatu” dibawakan dengan begitu baik oleh duet Rolas dan Feronika. Firman singkat penghantar doa disampaikan oleh Sdr. Jamesson Silitinga dengan judul “Pengakuan yang Kudus”. Sebagai pembuka Sdr. Jamesson Silitonga membacakan sebuah ayat Alkitab yang terdapat di dalam Yakobus 5 : 16 – “ Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dilakukan dengan yakin di doakan, sangat besar kuasanya”.

Orang yang mengaku dosa2nya dan berbalik dari dosa yang telah di perbuatnya, maka Allah akan berkenan kepada mereka. Mereka akan mendapatkan pengampunan dan Dia akan menerima kembali mereka sebagaimana adanya. I Yoh 1 : 9 – “Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan”. Sdr. Jamesson menambahkan, Forgive and Forget. Allah melakukan hal serupa. Dia mengampuni kita dan melupakan segala dosa2 kita. Dalam hal pengampunan, pengakuan dosa yang kita lakukan tidak semestinya di sampaikan kepada manusia, tetapi hanya kepada Dia yang layak memberikan pengampunan. TelingaNya tidak kurang mendengar dan tanganNya tidak kurang panjang untuk menolong kita. Maz 103: 12 – “Sejauh timur dan barat, demikian di jauhkanNya daripada kita pelanggaran kita”.

Allah kita adalah Allah pengampun. Pengakuan yang sungguh-sungguh dan tulus atas
segala dosa2 yang telah kita lakukan akan mendapatkan pengampunan dariNya. Kita dihimbau untuk memperbaiki hubungan kita baik kepada sesama manusia terlabih hubungan kita dengan Dia yang memberikan pengampunan atas segala dosa2 kita.

Beberapa pokok doa telah disampaikan untuk di didoakan di masing2 kelompok, : 1. Anggota jemaat yang sedang bergumul dalam hal rumah tangga, 2. Kerinduan Ibu Tina Wira dan Ibu Adelin agar anak, menantu dan cucu dapat bergaul lebih dekat dengan Tuhan dan berharap dapat menerima Yesus sebagai Juruselamat pribadi mereka, 3. Penginjilan Jemaat, agar semua anggota bersatu padu menjaga persatuan dan kesatuan di dalam pelayanan, 4. Family of the Month bulan January – Kel. Richard Pelaupessy, agar doa2 yang mereka sampaikan berkenan kepadaNya dan mendapatkan jawaban sesuai dengan kehendakNya, 5. Keluarag Donny Ham & Erhart To
bing yang sedang bersukacita atas berkat bertambahnya anggota keluarga yang baru.

Anggota jemaat membentuk kelompok2 doa yang terdiri dari maximal 5 orang, dan berdoa

untuk pokok2 doa yang telah disampaikan diatas. Pemimpin acara Bp. Pdt HM Siagian memimpin tahapan doa ACTS, dengan membacakan ayat2 Alkitab dan memimpin lagu2 dari lagu sion sebagai pendukung dan pengantar process doa. Sebagai penutup doa seluruh anggota jemaat menyanyikan lagu sion No. 2 “Kepada Allah Bri Puji” dan diakhiri doa berkat yang disampaikan oleh Gembala Jemaat Pdt Sonny Kapitan.

Acara minggu sembahyang 10 hari sore itu berakhir tepat pukul 16.00 WIB, anggota jemaat keluar baris demi baris secara teratur, di akhiri dengan bersalaman bersama pembawa acara. Mari kita kembali datang besok hari pada malam ke-6 Minggu sembahyang 10 hari di gereja Kemang Pratam, dan bersiap menerima kecurahan Roh Kudus dan berkat atas doa2 yang sudah kita panjatkan selama berlangsungnya minggu sembahyang pada 5 malam yang telah lewat. Tuhan memberkati langkah kita!.

-Lynda Karman-