Tuesday, December 08, 2009

Menikmati Hidup Yang Sehat !

1 Korintus 6:20 “Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!”









Angin bertiup cukup kencang. Gemuruh petir yang menerangi langit membuat orang enggan untuk keluar dari rumah. Kota Balige malam itu didera hujan lebat. “Ayo kita pergi membeli obat untuk nenek sekararang.”, ajak saya kepada seorang sepupu. “Om dan tante akan ikut juga bersama kalian.”, kata om saya menawarkan diri. Malam itu kami berempat menembus kegelapan malam menuju rumah sakit. Untuk mengisi waktu, saya banyak bertanya tentang kesehatan nenek kepada om dan tante. “Dulu waktu masih muda,nenek memang tidak terlalu memperhatikan pola makan secara teratur. Penyakit pencernaan ini sudah lama mengganggu. Belum lagi usia nenek sekarang sudah semakin tua.”, kata om saya menyudahi ceritanya. “Memang menjaga kesehatan itu sangat penting om. Kalau tidak, kita akan kesulitan nantinya.”, ujar saya menambahkan. “Betul sekali ! Om juga pernah menderita sakit yang serius loh!”, kata om saya lagi. “Oh ya, bagaimana ceritanya om ?”, tanya saya ingin tahu.

“Om punya masalah dengan paru-paru. Sudah berobat ke sana-sini, minum macam-macam obat, tapi enggak sembuh juga ! Maklumlah penghasilan om kan tidak banyak, jadi belum sanggup pergi ke rumah sakit yang bagus.”, kata om memulai ceritanya. “Nah, satu kali kita mendapat uang cukup untuk berobat di rumah sakit yang lebih baik. Dokter bilang, paru-paru om sudah banyak cairan dan harus segera diambil tindakan. Ketika mereka keluarkan, ada sekitar 750 ml cairan dari paru-paru ini.”, kata om sambil menepuk pelan dadanya. “Wah…, banyak juga ya om !”, ucap saya terkejut. “Dokter bilang, cairan itu menumpuk karena om tidak menjaga kesehatan dengan baik. Makanan, minuman dan kebiasaan yang tidak sehat membuat semua penyakit menumpuk dalam tubuh om !”, ucapnya sambil tersenyum. “Jadi om sudah jera dan tidak mau lagi meneruskan kebiasaan makan dan minum yang enggak sehat ?”, tanya saya menggoda om. “Ya sudah pastilah ! Sekarang om mau belajar hidup sehat. Tubuh ini kan seperti mesin mobil. Kalau buku petunjuk bilang mesin mobil ini adalah bensin, masak kita mau isi dengan solar ? Bisa rusaklah mesinnya. Hahaha…”, kata om dengan jenaka. Kita semua ikut tertawa di malam yang dingin itu.

Ayat renungan pagi ini mengingatkan kita bahwa kita adalah milik Allah, kita harus memuliakan Allah dengan tubuh kita. Kita semua ingin hidup sehat, tetapi kita sering lupa menjaga tubuh kita agar tetap sehat. Kesibukan sehari-hari membuat kita lalai menjaga tubuh agar tetap sehat. Karena kepadatan aktifitas, kita lupa untuk makan tepat pada waktunya. Waktu sempit karena pekerjaan yang telah menanti, membuat kita tidak berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman untuk masuk ke dalam tubuh. Hanya masalah waktu saja sebelum semuanya membawa penyakit bagi tubuh kita. Allah ingin kita memuliakan dia dengan tubuh kita. Memilih kebiasaan yang sehat, memasukkan makanan dan minuman yang baik untuk tubuh, menjalankan pola hidup yang sehat, semua itu akan membuat tubuh kita senantiasa bugar dan terhindar dari penyakit. Dengan tubuh yang sehat, kita dapat menikmati sukacita dalam hidup dan menggunakan tubuh serta pikiran kita untuk memuliakan Tuhan.

Stay healthy and be joyful !

Bagikan Roti Pagi ini kepada sahabat anda !