Tuesday, December 01, 2009

Vila Erika...Kami Datang !!

Hari Kamis 26 November 2009, awan mendung dan hujan gerimis mengisi langit-langit di atas kota Bekasi dan sekitarnya. Namun itu tidak mengurangi semangat anggota jemaat Kemang Pratama yang sejak pagi hari telah berkumpul dan mengadakan persiapan di halaman gereja. Hari ini semua tengah bersiap-siap untuk berangkat ke lokasi retreat yang terletak di Villa Erika, Puncak. Perjalanan ke lokasi sedikit tersendat oleh karena adanya kemacetan yang terjadi di ruas jalan tol lingkar luar. Maklumlah, hari Jumat besok adalah hari libur nasional. Sepertinya banyak yang mengambil kesempatan untuk pergi berlibur panjang ke Puncak dan sekitarnya. Setelah melewati simpang JORR – Jagorawi, perjalanan relatif lancar. Hambatan baru terasa kembali saat memasuki pasar Cisarua. Deretan panjang kendaraan panjang sepertinya sulit untuk bergerak. Lokasi retreat ini cukup jauh dari jalan raya. Setelah melalui jalan yang mendaki dan melewati ruas jalan yang sedikit sempit, akhirnya kami semua tiba di tempat tujuan dengan selamat. Kepenatan selama perjalanan hilang seketika ketika kami turun dan menikmati segarnya udara pegunungan.

Dari pagi hari sampai sore nanti masing-masing bebas melakukan aktifitasnya, karena acara retreat secara resmi baru akan dimulai pada sore hari. Beberapa anggota tampak sedang mempersiapkan perlengkapan untuk acara selama retreat. Pada retreat kali ini, anggota jemaat dibagi-bagi menjadi 4 kelompok. Kelompok Merah dipimpin oleh Bapak Wilson Tobing, kelompok Biru oleh Bapak Christian Siboro, kelompok Kuning oleh Bapak Sontani Purnama dan kelompok Hijau oleh Bapak Willy Wuisan. Masing-masing kelompok akan mengisi acara selama retreat, baik untuk membawa beberapa acara hiburan, mengikuti pertandingan olah raga, hingga berlomba dalam kuis alkitab. Ibu Dahlia Hutauruk, Ibu Yunita Wuisan, Ibu Lies Purnama dan Robert Rihihina yang tergabung dalam kelompok Biru sibuk menyiapkan topi dan atribut-atribut yang serba berwarna biru. Wah..., suasana jadi membiru nih...!! Kelompok Kuning juga tidak ketinggalan menyiapkan rumbai-rumbai dari tali rafia membentuk rok-rok. Acara apa ya yang dibuat kelompok Kuning ini ....?? Kelompok Merah sibuk juga mengatur persiapan-persiapan....tapi sepertinya masih rahasia nih apa yang mereka mau buat nanti... Dijamin pasti seru deh acara mereka...!! Kelompok Hijau terlihat juga berkoordinasi satu dengan yang lain. Kelihatannya sudah mantap persiapan si Hijau nih....!! Kelihatannya akan ada kejutan yang dahsyat deh dari si Hijau...!! Semua sudah siap-siap mau bikin acara yang spektakuler...!! Jadi penasaran ingin lihat acara mereka semua. Kita tunggu saja penampilan mereka nanti ! Sementara pimpinan kelompok menyiapkan perlengkapan acara mereka masing-masing, beberapa anak-anak dan remaja menggunakan waktu mereka untuk berenang di air yang cukup dingin.

Sebagian ibu-ibu yang bertugas untuk mengurus konsumsi telah sibuk di dapur. Mereka dengan gesit tengah menyiapkan makanan yang hangat untuk semua peserta. Di luar cuaca lumayan bersahabat. Kesempatan ini digunakan oleh sebagian peserta untuk keluar menikmati pemandangan indah di sekeliling kebun the yang berada tidak jauh dari lokasi retreat. Kabut tipis dan dingin menutupi sebagian pemandangan yang indah. Semua wajah tampak ceria sambil sesekali merapatkan tangan menahan dingin. Hari sudah semakin gelap, saatnya untuk makan malam. Semua dengan lahap menyantap makanan lezat yang telah terhidang. Usai makan malam, jemaat berkumpul di ruang depan yang cukup luas untuk mengikuti kebaktian malam. Karena minggu ini adalah Pekan Doa, maka Pendeta R.Y. Hutauruk melanjutkan materi pelajaran “Misi Pengharapan” di malam ini.