Friday, March 04, 2011

Children Talent Primary

Minggu 27 Februari 2011 adalah hari istimewa buat anak-anak Primary di jemaat Kemang Pratama. Hari ini, Konferens DKI Jakarta dan sekitarnya mengadakan acara Children Talent Primary dengan tema "Firman-Mu Pelita Bagi Kakiku dan Terang Bagi Jalanku" di Gedung Pertemuan Advent, Jl. MT. Haryono. Dalam acara ini, setiap anak Primary diwajibkan untuk menghafal 25 ayat alkitab. Jemaat Kemang Pratama memang sudah mempersiapkan acara tersebut jauh-jauh hari, bahkan sejak Doa Bersama 10 Hari, anak-anak sudah dilatih untuk menghafalkan ayat-ayat hafalan wajib tersebut. Dan, setiap sabat, anak-anak ini juga selalu dimotivasi dan dilatih untuk dapat menghafal.


Kendati mendung melingkupi Jakarta, dan hujan turun, tidak menyurutkan semangat anak-anak untuk datang menghadiri acara istimewa ini. Beberapa orang tua turut mendukung anak-anak ini dengan mengantarkan mereka ke GPA. Terlihat bapak Darmaji, bapak Munas Tambunan dan ibu Ully, bapak Sontani Purnama dan ibu Lies Endah, bapak Pdt. Saiman Saragih dan ibu Fanny, bapak Agustinus Silalahi, bapak David Tampubolon dan ibu Meiske, bapak Dixon Simanjuntak dan ibu Debby, Pdt. Sonny Kapitan dan ibu Sitimei, bapak Mulana Simanjuntak dan ibu Lamria, bapak Karman dan ibu Linda, bapak Ramli Manurung dan ibu Sofie, bapak Joy Silaban dan ibu Ellen.

Acara dimulai pada jam 09:00 dengan diawali marching dari partisipan.
Lagu instrumentalia “Maju Tentra Yesus” mengiringi partisipan, badut Barney and Friend, peniup terompet dan pembawa bendera. Kata sambutan dibawakan oleh Pdt. Ronny Wenas yang mewakili Konferens DKI Jakarta dan sekitarnya, ibu Sobrin Matanari sebagai ketua umum, dan Eveline Butarbutar sebagai ketua pelaksana harian.


Setelah lagu pembukaan ”Give Me Oil” atau ”Beri Minyak Untuk Pelitaku”, pdt. H.D. Manurung melayangkan doa pembukaan. Sebelum ibu Nelly Sihotang – dir. Pel.
Anak-anak UIKB memberikan renungan, koor anak Kemang Pratama diberikan kesempatan untuk membawakan Lagu Istimewa kedua. Koor anak-anak ini membawakan dua buah lagu berturut-turut yang berjudul I Need Thee the Every Hour dan No More Night. Dengan pemimpin koor Natalia Tampubolon dan pianist Fellisya Tambunan, anak-anak ini membawakan lagu yang sangat menyentuh dan membuat orang-orang yang mendengarnya memuji nama Tuhan. Semuanya ini tentunya tidak luput dari bimbingan bapak Joy Silaban dan sdri. Natalia Tampubolon yang sangat berdedikasi dalam membina koor anak-anak kita.


Koor anak-anak yang membawakan lagu pujian saat itu adalah Kimberly Simanjuntak, Sari Silalahi, Hanna Silalahi, Fidella Tambunan, Elsa Tambunan, Rosara Kolmate, Gabrielle Manurung, Caca Saragih, Malvin Simanjuntak, Timotius Tambunan, Timothy Purnama, Joshua Simanjuntak, Glory Karamoy, Ivada Darmaji, Ivana Tobing, Kanya Karman, Kayla Karman, Audrey Silaban, Joel Silaban, Yehezkiel Kapitan, Dave Purnama, Rivaldo Simanjuntak, Yehusom Kapitan, Marchelino Karamoy, Junior Tampubolon, Chris Simanjuntak, dan Bayu Aji.


Jemaat Kemang Pratama, sebenarnya telah mendaftarkan 7 anak untuk ikut berpartisipasi, namun hanya 5 anak yang datang untuk ikut dalam Children Talent pada kesempatan ini. Dave Tobias Aryasatya Purnama (L) 7 tahun, Kanya Karman (P) 9 tahun, Yehezkiel Paulson Kapitan (L) 7 tahun, Ivada Zanetta D. Putri (P) 9 tahun dan Yehusom Paulson Kapitan (L) 9 tahun.

Dalam acara ini, tampil juga Panggung Boneka dan Storyteller Pdt. Ayun Suhartono. Anak-anak yang mendengar cerita Pdt. Ayun, sangat antusias, karena cerita-cerita yang dibawakan dipenuhi dengan suara-suara efek – seperti suara burung, ketukan pintu, ayam berkokok, suara kuda, suara anjing, suara angin, suara hujan, suara petir dan lainnya – yang dihasilkan dari mulutnya. Tidak cuma itu. Pdt. Ayun ternyata dapat memainkan lagu istrumentalia terompet, hanya dengan menggunakan sebuah sisir.

Pada acara inti,
semua anak dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan nomor peserta. Pada setiap kelompok, dua orang juri siap untuk menilai para peserta. Sesuai dengan nomor urut peserta, anak-anak dari jemaat Kemang Pratama, berada dalam kelompok A. Sedangkan di kelompok C, tampak ibu Lies Purnama menjadi juri. Para peserta secara bergantian menghafalkan ayat-ayat Alkitab. Minimum 25 ayat Alkitab wajib dihafalkan, dan bahkan banyak dari anak-anak ini yang mampu menghafal lebih dari yang sudah ditentukan.

Usai menghadap juri dan menghafalkan ayat hafalan Alkitab, masing-masing peserta kembali diajak bernyanyi dan ber-energizer. Lagu-lagu gembira dengan gerakan yang diperagakan oleh pemimpin pujian, menambah semangat anak-anak. Mereka terlihat sangat menitmati acara tersebut. Kalau pada saat menghafal di depan juri, mereka tampak tegang, saat ini mereka terlihat lebih rileks namun bersemangat.

Dan, tibalah acara yang ditunggu-tunggu, yaitu pemberian piala dan piagam. Selain piala untuk masing-masing peserta, yaitu Dave,
Kanya ,Yehezkiel, Ivada dan Yehusom, Koor Anak jemaat Kemang Pratama juga menerima piagam untuk partisipasinya dalam membawakan lagu pujian.

Setelah pemberian piala dan piagam,
acara ditutup dan dilanjutkan dengan photo-photo bersama. Di pintu keluar merekapun mendapat sukacita kembali yaitu mendapat bingkisan dan balon. Puji Tuhan. Semoga melalui acara ini anak anak semakin mencintai Alkitab, senang membaca Alkitab dan semakin diberkati Tuhan. Sungguh luar biasa!


Sampai ketemu lagi dalam acara yang lain.

-aster ungu-