Wednesday, March 02, 2011

Tak Terselami




Mazmur 91:11, “Sebab malaikat-malaikat Nya akan diperintahkan Nya kepadamu untuk menjaga engkau disegala jalanmu.”




Peristiwa ini terjadi hampir tiga belas tahun yang lalu, saat di negara kita, khususnya di ibukota Jakarta mengalami kekacauan yang luar biasa dan berakhir dengan lengsernya Presiden saat itu, yakni bapak Suharto. Kejadian itu mengingatkan kami akan kebaikan Tuhan yang sudah melindungi kami sekeluarga. Sebagaimana biasanya, saya bertugas mengantar anak-anak kami ke sekolah setiap hari. Waktu itu anak-anak masih bersekolah di sekolah dasar. “Pa, mama rasa nggak enak badan pagi ini. Tolong papa saja yang antar anak-anak ke sekolah hari ini, sekalian berangkat ke kantor ya”, kata saya kepada suami. Suami sayapun setuju dan mereka berangkat bersama-sama. Entah bagaimana, setibanya di sekolah, mobil salah seorang orang tua murid di sekolah itu, tiba-tiba mundur begitu saja hingga menabrak mobil suami saya di bagian pintu depannya sehingga mengakibatkan kerusakan yang cukup parah. Atas kejadian tersebut, suami saya kembali ke rumah dan melaporkan kejadian tersebut pada saya sambil sedikit menggerutu dan mengatakan: “Seandainya tadi bukan papa yang mengantar anak-anak ke sekolah, mungkin mobil kita tidak tertabrak”, ujar suami saya berkomentar. “Pa, bagaimana kalau kita bawa aja mobil itu ke bengkel tetangga kita di depan untuk diperbaiki, sebelum papa berangkat lagi ke kantor”, tanyaku kepada suami. Akhirnya suami saya membawa mobil kami ke bengkel dekat rumah gantinya ke kantor. Sementara menunggu mobil diperbaiki, kami tersentak mendengar berita di radio dan televisi bahwa kerusuhan sedang terjadi di mana-mana di pelosok ibu kota. Suasananya semakin lama semakin mencekam. Penjagaan di kompleks perumahan kami pun semakin diperketat. Masyarakat mengadakan penjagaan siskamling di RT masing-masing. Puji syukur atas perlindungan dan penyertaan Tuhan kami sekeluarga dan bahkan semua tetangga di RT kami akhirnya dapat melewati masa-masa yang sulit itu dengan selamat.

Setelah semua kejadian itu berlalu, kami baru menyadari bahwa Tuhan telah meluputkan kami dari bahaya yang besar. Pada hari kerusuhan itu, banyak teman-teman kami yang tidak dapat pulang ke rumah mereka oleh sebab banyak kerusuhan, penjarahan, dan pembakaran di jalan-jalan. Hal ini menyebabkan beberapa teman kami harus bermalam di kantor mereka, karena situasi di jalan saat itu sangat tidak aman. Tuhan telah memerintahkan malaikat-malaikat-Nya untuk mencegah suami saya pergi ke kantor pada hari itu, melalui rentetan kejadian tersebut di atas dan kami sangat bersyukur atasnya.

Sungguh Allah mengerti yang terbaik bagi kita. Saat yang sama, tak terselami cara Allah bekerja untuk menyatakan kebaikanNya bagi kita. Boleh jadi Allah mengijinkan kejadian yang lain terjadi demi menyelamatkan kita atas kejadian lain yang berakibat lebih buruk bagi kita bila hal itu menimpa kita. Jangan ragu! Serahkan hidupmu hari ini kepada Allah dan Ia akan memelihara kamu! Bersyukurlah atas segala hal sebab Ia baik dalam semua rencanaNya bagi kita. Tuhan membimbing kita hari ini dalam seluruh rangkaian kegiatan kita. Amin.


Mari kita bagikan Roti Pagi ini kepada sahabat kita dengan menggunakan tombol "Tell A Friend" di bawah ini.