Sunday, March 20, 2011

Pekabaran Injil di Antiokhia

Hari Rabu Malam 16 Maret 2011, jemaat Kemang Pratama memulai kebaktian Permintaan Doa tepat pukul 19.30. Sebelum menyanyikan Lagu Sion nomor 169 diiringi pianis Timothy Purnama “Masyurkanlah Yesus”, bapak Sontani Purnama mengundang semua hadirin untuk meminta kehadiran Roh suci melalui doa dalam hati masing-masing. Doa pembukaan oleh bapak Sontani. Lagu pujian malam ini dibawakan oleh keluarga Gembala Jemaat Kemang Pratama Darat Mas Amat Jauh “ lagu sion nomor 228 diiringi guitar oleh Pdt Sonny Kapitan. Malam pertengahan minggu adalah malam Permintaan Doa dan juga malam untuk memberikan kesaksian.

Ibu Adeline bersyukur oleh karena terhindar dari musibah kebakaran yang terjadi siang tadi. Dimana rumput yang berada tidak jauh dari rumahnya terbakar dan hampir mengenai rumahnya. Namun belum begitu lama petugas telah datang untuk memadamkan api sehingga tidak sempat membakar rumah yang berada dekat dengan api termasuk rumah ibu Adeline. ‘Itu semua berkat pertolongan Tuhan’ kata ibu Adeline. Dan beliau juga mohon didoakan agar tempat dimana dia tinggal dapat terhindar dari maksud-maksud orang yang tidak baik. Bapak Sontani menyatakan ucapan syukur karena pada hari sabat tanggal 12 Maret 2011 yang lalu Tuhan telah memimpin keluarga ketika perjalanan untuk ber-Sabat di Sukabumi. Walaupun pada akhirnya oleh karena kemacetan yang terjadi, rencana ber-Sabat di Sukabumi tidak jadi tetapi keluarga akhirnya dapat bersabat di jemaat Bukit Zaitun, Cibadak. Suasana kekeluargaan dan persatuan ditempat itu membawa perasaan sukacita bagi keluarga dan kerinduan ini sangat diidamkan oleh bapak Sontani terjadi di gerejanya dan dia berharap semoga Jemaat Tuhan-pun di Kemang Pratama dapat menumbuhkan suasana kekeluargaan dan persatuan persaudaraan yang lebih erat lagi. Dan perjalanan dilanjutkan ke Unai dengan selamat dan pulang ke rumah dalam keadaan tidak kurang suatu apapun. Puji Tuhan.

Oma Wira memohon di doakan cucunya Nela dan juga opa Wira untuk dipulihkan kesehatannya. Bapak Willy Wuisan memohon untuk didoakan kesembuhan dapat diberikan Tuhan kepada iparnya yaitu bapak Adi Karsana yang sedang sakit di rumah sakit Siloam. Bapak Herrys Kore memohon untuk didoakan juga agar diberikan Tuhan pekerjaan dan juga diberikan Tuhan kesehatan kepada anaknya. Family of The Month di bulan Maret 2011 Keluarga Erhart Tobing memohon agar diberkati Tuhan dalam keluarga, anak, orang tua, mertua dan usaha yang sedang di jalankan. Ibu Ani Simanjuntak bersyukur atas kesehatan yang diberikan dan mohon untuk didoakan anaknya Stella yang 2 minggu ini akan mengikuti ujian, Bencana tsunami di Jepang, Penginjilan–penginjilan melalui KPA yang sedang dijalankan agar banyak jiwa yang datang dan Carity Clinic yang akan diadakan oleh Jemaat GMAHK Kemang Pratama berkerjasama dengan jemaat Tebet pada tgl 20 Maret 2011 ini. Setelah selesai kesaksian maka bapak Sontani mengundang jemaat untuk berdoa dua atau tiga orang.

Firman Tuhan dengan Judul Pekabaran Injil di Antiokhia“ dibawakan oleh gembala Jemaat Kemang Pratama Pdt. Sonny Kapitan yang diambil dari buku “Alfa dan Omega Jilid 7” Pasal ke-16 yang menyatakan bahwa Injil tersebar sangat cepat di Antiokhia yang menjadi ibukota Siria. Sebuah kota pencinta kemewahan, kekayaan dan kepelesiran dan juga kejahatan. Namun ketika injil itu datang, banyak orang menjadi percaya dan bertobat. Mengapa?..... Karena pekerjaan Barnabas sangatlah diberkati dan tangan Tuhan menyertai dia. Dan Paulus mendukung dia dalam memberitakan injil. Persatuan dalam pelayanan mereka membawa sukacita didalam pekerjaan pekabaran injil yang menghasilkan buah yang banyak tersebut. Banyak orang yang percaya di Antiokhia menyerahkan kehidupan mereka kepada Kristus, bergantung kepada Kuasa Roh Kudus, belajar rendah hati dan membawa kesaksian iman mereka kepada orang lain setiap hari. Di Antiokhia Istilah Kristen yang mula-mula diberikan kepada murid – murid karena Kristus telah menjadi tema pengajaran, khotbah dan percakapan mereka. Sehingga murid-murid diberkati dengan kehadiran pribadi-Nya. Bagaimana dengan kita?.....Nama Kristen adalah merupakan suatu nama kerajaan, yang diberikan kepada semua yang menggabungkan diri mereka kepada Kristus yang memberikan hidupnya dengan tema Kristus, dalam khotbah, pengajaran dan percakapan setiap hari yang terus menerus. Teladan pengikut-pengikut Kristus di Atiokhia haruslah menjadi teladan kita dan bagi setiap orang percaya yang hidup dikota kota besar. Pekerjaan Allah sangatlah memerlukan bukan hanya Pendeta pendeta tetapi juga semua pekerja-pekerja injil dan pekerja sukarela dengan berbagai-bagai talenta yang dimiliki untuk menggunakan waktu yang ada dengan bijaksana untuk mengabarkan injil dengan penuh persatuan. Menghormati dan menghargai kepemimpinan dalam umatNya atau gerejaNya adalah penting. "Tetapi mereka yang cenderung meninggikan pertimbangan pribadi berada dalam bahaya yang besar", Pdt. Sonny mengingatkan. Pekabaran yang gembira tentang anugerah Allah akan membawa sukacita yang besar apabila sebagai alat , umat – umat percaya menyerahkan dirinya kepada Roh Kudus dan mau dipersatukan dalam suatu persatuan kepada Kristus yang terpimpin dengan baik. Dengan demikian setiap umat percaya dapat mengambil bagian dengan sukacita dan sukarela didalam pekerjaan pekabaran injil. Amin.

Untuk meng-aminkan Firman Tuhan yang baru disampaikan, maka Jemaat menutup malam permintaan doa ini dengan menyanyikan Lagu Sion nomor 168 “Ada Crita Kami Mau Critakan”. Acara kebaktian diakhiri dengan doa tutup oleh Pdt. Sonny Kapitan. Sampai berjumpa pada acara Vesper.

-Mei-.